Pelatihan Jurnalistik Alam Bebas Warnai Dies Natalis XXIII Mapasta IAIN Curup

0
25
Foto bersama para peserta Pelatihan Jurnalistik Alam Bebas (PJAB) dengan Pemateri dari AJI Bengkulu. (Foto ; Dokumentasi Mapasta IAIN Curup)

RedaksiBengkulu.com, REJANG LEBONG – Sejak 15 – 21 Juni 2021 lalu, di Bukit Batu Lantana yang berada di Desa Air Meles Atas Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, digelar beragam kegiatan. Rangkaian kegiatan yang digelar selama sepekan itu diselenggarakan oleh Mahasiswa Pecinta Alam (Mapasta) IAIN Curup.

Kegiatan akbar ini dalam rangka Dies Natalis ke-XXIII Mapasta IAIN Curup dengan mengusung tema ‘Maju Bersama Kita Kuat Bersinergi Lestari Alam’. Meski kegiatan ini dilakukan secara luring, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes).

Adapun rangkaian kegiatan yang digelar diantaranya, lintas alam, boldering alam bebas, serta pelatihan jurnalistik. Pesertanya dari komunitas pecinta alam (KPA) kalangan mahasiswa. Ada dari Universitas Bengkulu (Unib), Universitas Dehasen (Unived), Poltekes Kemenkes Bengkulu di Curup. Ada juga KPA dari kalangan pelajar. Diantaranya dari SMAN 1 Curup dan lainnya.

Boldering di Bukit Batu Lantana di Desa Air Meles Atas Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu pada 17 Juni 2021. (Foto : Dokumentasi Mapasta IAIN Curup)

Ketua Umum Mapasta IAIN Curup, Bintang Andanik mengatakan, ketika kegiatan ini dilangsungkan sejak 15 Juni lalu, panitia sekaligus crosscheck dan check up kesehatan peserta. Prosedur ini dibantu oleh KSR PMI IAIN Curup. Barulah rangkaian lomba dimulai pada 16 Juni dilanjutkan dengan boldering alam bebas.

Selain lomba, ada Pelatihan Jurnalistik Alam Bebas (PJAB). Pelatihan kejurnalistikan ini digelar selama 3 hari. Pematerinya beragam. Pihaknya, lanjut Bintang, menggandeng para jurnalis yang tergabung di organisasi profesi pers seperti Aliansi Jurnalistik Independen(AJI) Bengkulu dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Rejang Lebong.

“Urusan kejurnalistikan mereka tentunya sangat berkompeten di bidangnya. Setelah penyampaian materi kejurnalistikan, peserta langsung praktek lapangan sesuai ilmu dan pengetahuan yang didapat dari para jurnalis senior di Bengkulu ini”, papar Bintang.

Pemateri dari AJI Bengkulu, Ahmad Supardi (kiri) dan Aji Asmuni Kasidi (kanan) saat mengisi materi cara penulisan berita feature pada 21 Juni 2021. (Foto : Dokumentasi Mapasta IAIN Curup)

Pemateri kejurnalistikan diantaranya, Rahman Jasin (PotretBengkulu.com), Julkifli Sembiring (RedaksiBengkulu.com), Firmansyah (Kompas.com), Heri Afrizal (RakyatBengkulu.com), Ahmad Supardi (Mongabay.co.id) dan Aji Asmuni Kasidi (RedaksiBengkulu.com).

“Banyak ilmu dan pengetahuan yang didapat dari para jurnalis senior ini. Mulai dari cara menulis berita, feature, cara liputan, teknik fotografi dan videografi dan lainnya. Semoga ini menjadikan anggota kami lebih berkarya dan bermanfaat bagi kemajuan organisasi khususnya, kampus dan masyarakat”, demikian Bintang.(Nurul Azimah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here