Hampir Dipastikan Program SIKOMANDAN, Hadir Di Kepahiang

0
11

RedAksiBengkulu.Com,KEPAHIANG –Program Sapi dan Kerbau Komoditas Andalan Negeri atau yang lebih dikenal dengan SIKOMANDAN akan tereaisasi di Kabupaten Kepahiang. Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang akan segera merealisasikan program tersebut pada pertengahan tahun 2020 mendatang. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, melalaui Kepala Bidang Peternakan, Rasikin, S.Pt, didampingi  Kepala Seksi (Kasi) Produksi dan teknologi Peternakan, Topian Edi sat diwawancarai pada Kamis (16/7/2020) menegaskan program Sikomandan diharapkan akan mampu menjaga swasembada daging dan penguatan populasi ternak di masing-masing daerah khususnya dipulau Sumatera.”Ini adalah program Pemerintah Pusat melalui Kementrian PKH yang diperuntukan kepada kelompok masyarakat peternak apalahi target pengembangannya di Pulau Sumatera tentu kabupaten Kepahiang ambil bagian dalam pengembangan ini,” ungkapnya.

Disinggung soal tergaet penerima program Topian Edi menelaskan jika mekanisme penerima program tersebut pemohon (kelompok peternak,) harus mengajukan semacam proposal yang ditujukan ke Dinas Pertanian. “jika proposal sudah masuk tim survey akan turun ke lapangan untuk menilai, jika dianggap layak dan memenuhi persayaratan maka bantuan ternak akan segera diberikan “ pungkasnya .

Untuk diketahui: Sapi dan Kerbau Komoditas Andalan Negeri atau yang lebih dikenal dengan SIKOMANDAN merupakan salah satu kegiatan utama Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH). Kegiatan ini merupakan aktivitas yang berkelanjutan dan berkesinambungan dalam rangka meningkatkan penyediaan daging di dalam negeri.

Sebagai kegiatan utama, kegiatan ini telah dilincurkan oleh Menteri Pertanian (Mentan) pada 20 Februari 2020 lalu di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Pemilihan Sumatera Utara menjadi lokasi peluncuran ini sekaligus menunjukan bahwa potensi dan antusiasme peternak di Sumatera Utara khususnya Kabupaten Serdang Bedagai cukup besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here