RSUD Kepahiang Sepi pasien, Komisi I Himbau Jangan Takut Berobat

0
28

RedAksiBengkulu.com, KEPAHIANG – Sejak satu bulan terakhir Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kepahiang mengalami penurunan pasien yang berobat hal ini lantara adanya warga Kepahiang yang terkonfirmasi positif dan diisolasi di RSUD Kepahiang beberapa waktu lalu. Direktur RSUD Kepahiang dr. Hulman membenarkan hal tersebut bahkan mengatakan pernah ada pasien yang mendadak meminta pulang meski belum pulih. “ kita paham kekhawatiran masyarakat tertularnya Corona di RSUD, namun kami berani menjamin pasien yang berobat tidak akan tertular dengan syarat kami melaksanakan prosedur kami dan pasien juga mengikuti prosedur yang kami berikan” Tegas Hulman kepada RedAksiBengkulu.com Selasa ( 2/6/2020)

Penurunan warga yang enggan berobat tentu memberi dampak di beberapa sektor,  penurunan pasien tercatat  Selasa 2 Juni 2020  berjumlah 24 orang bahkan pada pertengahan bulan April lalu hanya memiliki 2 pasien dan itu bertahan selama 1 minggu pun demikian dengan penurunan penghasilan RSUD Kepahiang yang berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi kabupaten Kepahiang. “ Total bed 124, yang terisi biasanya 70 bed minimal 50 bed terisi, namun hingga hari ini hanya 24 bed yang terisi. Tidak hanya itu pendapatan RSUD Kepahiang pun ikut mengalami penurunan sebesar 80 persen baik dari klaim BPJS dan umum” Jelas Hulman.

Disinggung soal Penurunan jumlah warga yang berobat ke RSUD dikarenakan masyarakat memang dalam kondisi sehat, dengan kata lain hikmah dari Corona jumlah yang sakit dapat ditekan. Dr. Hulman membantah jika angka jumlah warga yang sakit di kabupaten Kepahiang menurun. “ kita tidak bisa berpendapat seperti itu masyarakat sejak Corona bukan takut sakit, tidak ada survei soal ini masyarakat bisa saja memang sehat jadi tidak berobat dan bisa saja sakit namun berobat ke fasilitas lain atau berobat ke RSUD lainnya” Tegas Hulman.

Terpisah , Ketua Komisi I DPRD Kepahiang Ansori M, Menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kepahiang agar tidak ragu untuk berobat ke RSUD Kepahiang selama prosedur RSUD dijalankan sesuai standar. “ dari pantauan kami, sejauh ini RSUD telah menjalankan SOP dengan baik, masyarakat jangan khawatir bahkan IGD (Instalasi Gawat Darurat) telah dipisah bahkan sekarang tidak ada lagi pasien terkonfirmasi Corona yang dirawat lantaran telah isolasi mandiri ” Singkat Ansori M yang juga politisi Golkar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here