Soal Gugus Tugas Penanganan Covid–19, Aleg DPRD Kepahiang: Dorong Rombak Stuktur

0
40

RedAksiBengkulu.Com, KEPAHIANG – Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepahiang, Franco Escobar meminta pemerintah Kabupaten Kepahiang untuk segera merombak struktur Gugus Tugas Penanganan Corona Virus Disease 19 (COVID-19) tingkat Kabupaten/Daerah yang sebelumnya diketuai Sekretaris Daerah diganti Bupati Kepahiang. Hal ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor: 440/2622/SJ tanggal 29 Maret 2020. “Sesuai SE kita dorong segera Bupati untuk langsung menjadi Ketua Gugus Tugas penangan Corona, Provinsi Bengkulu bukan Lagi Zona Hijau jika ada keputusan penting maka akan segera dapat diputuskan. “Ujar Franco Kepada RedAksiBengkulu.com Rabu (1/4/2020).

Franco menjelaskan Dalam surat edaran Menteri Dalam Negeri sangat tepat hal ini berkaitan dengan perumusan kebijakan yang dimungkinkan oleh setiap kepala daerah dalam mengambil sebuah keputusan. “Dalam surat edaran itu jelas ada 5 poin tugas penting yakni menetapkan rencana pelaksanaan penanganan, mengendalikan, melakukan pengawasan pelaksanaan, dan melaporkan pelaksanaan penanganan. Lebih jauh soal kebijkan dan anggaran akan lebih mudah terealisasi”. Ujar Franco yang juga Ketua Bapemperda.

Selain itu Juga, Franco menambahkan dampak yang paling dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Kepahiang saat ini adalah menurunnya pendapatan di sektor perdagangan bagi pengusaha kecil dan menengah yang mesti menjadi fokus bagi dinas terkait yang tak kalah pentingnya untuk jadi sorotan. “selain tetap menjalankan menjalankan pola hidup sehat masyarakat sekarang perlahan mulai merasakan dampak ekonomi terutama pedagang kecil dan menengah tentu ini menjadi perhatian khusus bagi kita bersama”. Tutup Franco Aleg dari Partai Keadilan Sejahtera.

Dikonfirmasi Terkait perubahan struktur Gugus Tugas tersebut Bupati Kepahiang Hidayatullah Sjahid melalui pesah WhatsApp menyampaikan akan se-segera mungkin untuk untuk merombak sesuai dengan surat edaran Menteri Dalam Negeri. “ya, segera kita akan sesuaikan dengan surat edaran Tersebut”. Tegas Hiadayatullah.

Berikut Urutan Struktur Anggotadan Tugas Pelaksana Gugus Tugas penanganan Covid-19 tingkat Kabupaten:

AnggotaPenanggung Jawab TugasTugas
Bupati / Wakil BupatiKetua1. Menetapkan Rencana Operasi dan melaksanakan penanganan
2. Mengoordinasikan dan mengendalikan pelaksanaan Kegiatan Penanganan
3. Melakukan pengawasan pelaksanaan Penaganan
4. Mengerahkan Sumber daya untuk pelaksanaan kegiatan dan
5. Melaporkan pelaksanaan penanganan kepada gugus tugas tingkat Kabupaten/Kota
KODIM / KORAMIL, KAPOLRESWakil 1, Wakil 2Mewakili Bupati/Walikota dalam melaksanakan tugas Ketua Gugus Tugas Tingkat Kabupaten
BPBDSekretaris1. Administrasi surat menyurat
2. Kegiatan protokoler
3. Dukungan sekretariat
Diskominfo, Dinkes, LSM, Swasta, Media, Social MediaHumas1. Komunikasi Publik
2. Agenda Setting
3. Strategi Komunikasi
4. Media Monitoring
5. Juru Bicara
BPBD, TNI, BUMD,Perencanaan Data Pakar dan analisis1. Pengumpulan data
BINDA, IDI, Akademis, LSM, Swasta2. Analisa
3. Kajian
4. Policy Brief
5. Protokol Nasional
6. Perencanaan dan
7. Laporan capaian
DINKES atau TNIOperasiMelaksanakan Pencegahan, Penanganan, dan pemulihan di daerah

Sumber: Surat edaran Mendagri nomor: 440/2622/SJ tanggal 29 Maret 2020

foto: Franco escobar saat meninjau RSUD Kepahiang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here