Awalnya Dibagi-bagi Aja ke Tetangga, Kini Laris Manis Diserbu Pelanggan

0
20
Lokasi gerobak jualan Singke Feri. [Foto : Kiriman Hesti]

RedAksiBengkulu.com, BENGKULU – Semua orang pasti sudah pada tahu dengan Singkong. Umbi-umbian yang kaya karbohidrat ini sangat mengenyangkan perut. Karena seringkali dijadikan sebagai pengganti nasi. Lazimnya, Singkong direbus, digoreng atau dimasak kuliner manis, seperti kolak, lepet (lepek, Bahasa Bengkulu) dan lainnya.

Seiring kemajuan zaman, Singkong kini banyak diolah  menjadi kuliner yang variatif. Diantaranya Singkong Keju (Singke). Singke tetaplah berbahan utama dari Singkong. Sedangkan Keju merupakan inovasi olahan.

Varian rasa Singkong Keju (Singke). [Foto : Kiriman Hesti]
Di Bengkulu, kalian bisa merasakan atau menikmati penganan Singke ini yang dijual oleh Feri. Di tangan Feri dan istrinya, Hesti, Singkong diolah menjadi banyak varian rasa. Pasangan suami istri ini awalnya coba-coba. Setiap kali mereka buat Singke, selalu dibagi-bagi ke tetangganya. Tetangganya pun merespons positif soal rasa Singke, bahkan sampai ketagihan.

 

“Malah justru tetangga kami mengusulkan jualan Singke. Singkat cerita, kami pun mencoba merintis bisnis Singke kecil-kecilan. 19 April 2019 adalah hari pertama kali berjualan Singke”, papar Feri.

Varian rasa Singkong Keju (Singke). [Foto : Kiriman Hesti]
Karena baru memulai dan belum banyak yang tahu, bahkan imej Singkong pun masih dianggap sebagai kuliner kaum bawah. Sehingga sebulan pertama jualan masih sepi. Feri pun memakluminya. Tapi kini buah dari kesabaran, komitmen dan konsistensi  ia dan istrinya, dagangan mereka mulai laris. Kini, per dua hari, Feri bisa menghabiskan Singkong 20-50 kilogram, 3,5 kilogram keju

 

“Kalau di kota, Singkong itu kesannya makanan orang desa. Ditambah lagi ada banyak orang yang jualan camilan di kota. Tapi Alhamdulillaah kini pelan-pelan kami sudah ada pelanggan”, sambung Feri.

Singke yang dijual Feri dengan menggunakan gerobak itu cukup banyak variannya. Ada Singke Original, Singke Susu Cokelat, Singke Balado, Singke Keju Crispy, Singke Barbeque, Singke Jagung Manis dan Bakar, Singke Green Tea, Singke Bluberry dan Singke Stroberi.

”Varian rasa itu hanya sebagai taburan tambahan. Bahan utamanya tetap singkong rebus dan goreng. Itu untuk menarik perhatian supaya singkong menjadi camilan yang juga berkelas”, terang Feri sambil bergurau.

Lokasi gerobak jualan Singke Feri. [Foto : Kiriman Hesti]
Jika ingin menyicipi Singke ini, khususnya warga Kota Bengkulu, silakan datang ke gerobak jualan Feri di Jalan  Kalimantan – Rawa Makmur  (Depan Toko Bangunan Cahaya Logam) Kota Bengkulu. Harganya bervariasi sesuai dengan varaian rasa. Rasa Balado, Jagung Manis /Bakar, Berbeque seharga Rp  8.000/kemasan. Sedangkan rasa Keju, Cokelat dan Green Tea seharga Rp 10.000/kemasan.

 

“Biasanya yang paling sering beli itu mahasiswa Unib (Universitas Bengkulu). Karena memang di wilayah kami ini banyak kos-kosan mahasiswa”, tutup Feri.

 

Laporan : Hendra Afriyanto
Editor : Aji Asmuni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here