Justice Collaborator Perlu Dibuktikan, JPU KPK : Rico Dian Sari Bukan Pelaku Utama

0
83
Terdakwa Rico Dian Sari. (Foto : ist)

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU – Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK, Haerudin menjelaskan, terkait Justice Collaborator (JC) yang diajukan Terdakwa Rico Dian Sari, hal itu perlu dibuktikan terlebih dahulu di persidangan dan terdakwa Rico bukan pelaku utama. Kata Haerudin, permohonan JC adalah hak seseorang dan tergantung semua persyaratan dan prosedurnya dipenuhi atau tidak.

“JC itu kan saksi pelaku yang bekerjasama. Artinya dia ada terkait pidana yang dilakukan sebagai terdakwa, tapi dia juga sebagai saksi di perkara lainnya. Tentu ada syarat-syarat yang harus dipenuhi jika permohonan JC dikabulkan atau tidak ?”, jelasnya, di Pengadilan Tipikor Bengkulu.

 

Berita Terkait :

Pengacara Ridwan Mukti Sebut Rico Dian Sari Adalah Pelaku Utama
Rico Dian Sari Ajukan Diri Menjadi Justice Collaborator
Penyuap Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti Dituntut 4 Tahun Penjara Denda Rp 200 Juta

 

Adapun syarat JC, lanjut Haerudin, dia bukan pelaku utama. Dia akan mengungkap suatu peristiwa fakta-fakta yang signifikan, dan lain-lain.

“Untuk permohonan JC Rico Dian Sari itu, harus kami pertimbangkan dan didiskusikan diinternal kami, lalu akan dimusyawarahkan. Dia (Rico) itu harus diuji dulu sebagai saksi. Kemarin sudah diuji sebagai saksi dalam perkara Jhoni Wijaya,” paparnya.

Pada perkara ini, sambung Haerudin, nanti dia akan menjadi saksi untuk Terdakwa Ridwan Mukti dan akan diuji dulu di persidangan.Jika JC dikabulkan, maka Rico bukan pelaku utama.

“Bisa jadi pelaku utamanya berdasarkan pertimbangan adalah Jhoni Wijaya dan Ridwan Mukti atau Lily Martiani Maddari. Rico hanya sebagai orang yang dimintai bantuan,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

Laporan : Julio Rinaldi
Editor : Aji Asmuni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here