Gubuk Reot Yang Dihuni Kakek Tuna Netra dan Nenek Tuna Grahita Itu Kini Kondisinya ….

0
66
Aji Warni (kiri) sewaktu tinggal di rumah tidak layak huni, (kanan) tinggal di rumah layak huni dan berpakaian layak juga…

RedAksiBengkulu.co.id, KEPAHIANG – Masih ingat dengan Aji Warni dan Ambar warga Dusun  8 Desa Daspetah 1 Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu ? Pasangan yang dulu tinggal di gubuk reot di lahan-lahan kebun milik warga sejak 20 tahun lalu itu kini sudah menempati rumah layak huni.

Rumah kedua pasangan yang mengalami gangguan, yakni Aji Warni mengalami kebutaan (tuna netra) dan istrinya mengalami gangguan kejiwaan (tuna grahita) itu berbentuk semi permanen. Dinding dari papan dicat warna meah jambu dan tembok di bawahnya berwarna hijau muda.

Rumah itu dibangun secara swadaya masyarakat persisnya dengan cara pengalanggan dana dari para dermawan di Kabupaten Kepahiang. Alhasil terkumpullah uang sebesar Rp 19 juta.

Dari uang sebesar itu, Rp 12 juta diantaranya digunakan untuk membangun rumah. Selebihnya Rp 1,5 juta untuk membayar listrik selama 3 tahun dan Rp 4,1 juta untuk kebutuhan sehari-hari.

“Uang sisa pembangunan rumah kakek dan nenek itu sudah dititipkan dengan warga, Sahroni, untuk bayar rekening listrik. Serta disimpan pula oleh Aminah untuk biaya kebutuhan sehari-hari,” kata penanggungjawab tim relawan, Endang Sarjana, usai memberikan bantuan, Senin (16/10/2017).

 

Berita Terkait :

ASTAGHFIRULLAAH !! Sudah Sekitar 20 Tahun Tinggal di Gubuk Reot, Baru Tadi Dibantu Dinsos

 

Endang berharap, dengan diberitahukan informasi ini kepada publik, supaya publik juga tahu bahwa kondisi warga yang dulunya menempati tempat tinggal yang sangat tidak layak untuk seusia mereka, sekarang syukurnya kondisi tempat tinggal mereka sudah layak dan sudah bisa tidur nyenyak.

“Kepada seluruh masyarakat Kepahiang, mahasiswa KKN dari Universitas Bengkulu (Unib), Univesitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB), STAIN Curup dan petugas sosial kecamatan dan kabupaten yang telah peduli, kami ucapkan terima kasih”, ucap Endang didampingi Kades Daspetah 1, Endar Husin.

Dari peglihatan RedAksiBengkulu.co.id,  pakaian yang dikenakan pasangan renta ini juga sudah jauh lebih laik pakai. Rumah itu memiliki kamar tidur, dapur dan kamar mandi selayaknya tempat pada umumnya.

 

 

 

 

 

 

Laporan : Hendra Afriyanto
Editor : Aji Asmuni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here