Andi Rosliansyah Berencana Kembalikan Uang Kerugian Negara

0
72
Mantan Kepala DPUPR Provinsi Bengkulu, Andi Rosliansyah ketika resmi ditahan Penyidik Kejati Bengkulu. (Foto : ist)

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU – Resmi Pelimpahan Tahap 2 (barang bukti dan tersangka) oleh penyidik ke Jaksa Penuntut Umum (JPU), Selasa (29/8/2017), mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu, Andi Rosliansyah, berencana mengembalikan uang kerugian negara. Uang kerugiaan negara atas perkara kasus dugaan korupsi Proyek Jalan Lingkungan Pemukiman Kumuh Kota Bengkulu Tahun 2015 senilai Rp 11 miliar lebih itu ditafsir mencapai Rp 3,2 miliar.

Sebelumnya, tersangka Andi Rosliansyah sempat membantah jika ia telah menerima aliran dana dari proyek tersebut senilai Rp 2,1 – 2,2 miliar.

“Berdasarkan informasi dan konfirmasi kami, kemungkinan besar 1 – 2 minggu ke depan berkas perkara itu sudah dilimpahkan ke pengadilan,” kata pengacara Andi, Humisar H Tambunan di Kejari Bengkulu.

 

Berita Terkait :

Andi Rosliansyah Resmi Dipenjara di Rutan Malabero
Andi Rosliansyah Bantah Terima Uang Proyek
Andi Rosliansyah Dijerat UU TPPU dan Terancam Dimiskinkan

 

Terkait informasi adanya rencana pengembalian dugaan kerugian negara, lanjut Humisar, sesungguhnya saat proses penyidikan pun pernyataan itu sudah ada.

“Pak Andi pun tadi sudah berkoordinasi dan kemungkinan kami akan mengembalikan (uang) dugaan kerugian negara itu. Tapi kami belum tahu pasti”, ungkapnya.

Ditambahkan Humisar, dari informasi yang dirinya dapat, justru dari tersangka Rosmen dan Arbani sudah mengembalikan dugaan kerugian negara masing-masing Rp 100 juta.

“Kalau dari Pak Andi saya belum bisa pastikan berapa dugaan kerugian negara yang akan dikembalikan. Tapi niatan dia untuk mengembalikan itu sudah ada”, terangnya.

Dilain pihak, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bengkulu, I Made Sudarmawan melalui Kasi Pidsus, Irvon Desvi Putra menyatakan, bahwa sesuai dengan ketentuan setelah dilimpahkan, jaksa akan segera mempersiapkan surat dakwaan dan kelengkapan lainnya untuk segera dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Bengkulu .

“JPU yang ditunjuk ada sekitar 8 orang. 7 dari Kejati dan 1 dari Kejari Bengkulu”, tutupnya.

 

 

 

 

 

 

Laporan : Julio Rinaldi
Editor : Aji Asmuni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here