Kepala Dinas Pendidikan Bengkulu Utara Izinkan Pungutan Di Sekolah

0
66

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU UTARA – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bengkulu Utara (BU), Margono, merestui pungutan komite sekolah di tingkat SMP. Hanya saja katanya, pungutan tersebut harus bersifat sumbangan yang tidak mengikat dan harus sesuai peruntukkannya.

“Saya mengizinkan komite melakukan pungutan asal bersifat sumbangan sesuai dengan tupoksi komite”, kata Margono.

Dilanjutkannya, perihal ini tidak dilarang Disdik lantaran selain sesuai dengan aturan Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016. Selain itu, sekolah juga membutuhkan bantuan.

“Sekolah itu kalau tidak dibantu sangat kesulitan kalau hanya mengelola dana yang ada. Maka dari itu kami izinkan (pungutan) asal tidak berlari dari aturan yang berlaku”, bebernya.

 

Berita Terkait :

Pungutan Komite Sekolah Lagi, Ketua Komite : Kami Musyawarah Mufakat. Ada Polisi Juga
Ini Rincian Uang yang Dimufakati Komite SMAN 1 Argamakmur
Wah-wah… Pungutan Komite SMAN 1 Argamakmur Untuk Bayar Honor Hampir 50 Guru?
Ketua Komite SMAN 1 Argamakmur Mundur
Satgas Saber Pungli Bengkulu Utara Koordinasikan Pungutan Komite SMAN 1 Argamakmur ke Provinsi
Pengurus Komite SMAN 1 Argamakmur Mulai Diperiksa Penyidik Polres Bengkulu Utara

 

Tapi di sisi lain Margono juga mengimbau dengan tegas kepada pihak sekolah, jangan pernah terlibat dengan urusan komite sekolah, karena tidak dibenarkan. Dan jika sekolah terlibat dan menerima pungutan pihak komite yang bersifat mengikat, Disdik akan mengambil tindakan.

“Kami tidak ingin sekolah terlibat dengan urusan komite. Biarlah komite sekolah selaku lembaga tersendiri untuk membantu sekolah mencari dengan sendiri dana yang menjadi kebutuhan sekolah. Jika ada pihak sekolah yang terlibat atau menerima pungutan dari orangtua/wali apalagi sifatnya mengikat dan tidak jelas peruntukkannya, akan saya tindak,” demikian Margono.

 

 

 

 

 

 

Laporan : Firdaus
Editor : Aji Asmuni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here