Berkas dan Tersangka Pungli Pasar Pagar Dewa Kota Bengkulu Dilimpahkan Ke JPU

0
81
Kasi Pidsus Kejari Bengkulu, Irvon Desvi Putra. (Foto : Julio Rinaldi/RedAksiBengkulu)

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU – Berkas perkara dan tersangka mantan Kepala UPTD Pasar Pagar Dewa Kota Bengkulu, Thomas Iwan, dalam kasus dugaan pungutan liar (pungli) lapak jualan, Jum’at (18/8/2017), resmi dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU). Pelimpahan tahap II ini dilangsungkan lantaran penyidik menganggap berkas perkara sudah cukup dan lengkap.

Kata Kajari Bengkulu, I Made Sudarmawan melalui Kasi Pidsus, Irvon Desvi Putra, bahwa terkait dengan telah ditetapkannya tersangka dan ditahan atas nama Thomas Iwan dalam perkara dugaan Pungli di Pasar Pagar Dewa Kota Bengkulu, maka hari ini penyidik melimpahkan berkas perkara dan tersangka kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) nya.

“Jadi pada hari ini beralihlah tanggungjawab dari penyidik ke penuntut umum. Artinya kami sudah masuk ke tahap penuntutan,” ujarnya di Kejari Bengkulu.

Irvon menambahkan, masa penahanan terhadap tersangka memang masih ada beberapa hari lagi. Namun penyidik tidak memperpanjangnya dan langsung melakukan tahap II (pelimpahan berkas dan tersangka) karena dirasakan sudah cukup dan perkara juga sudah dinyatakan lengkap alias P21.

“Kami menyiapkan JPU-nya sejumlah 5 orang, untuk barang bukti (BB) yang sudah kami sita semuanya akan dihadirkan di persidangan untuk memperkuat pembuktian,” jelasnya.

 

Berita Terkait ;

Pungutan Retribusi di Pasar Pagar Dewa Mencapai Rp 30 Juta/Bulan
Penyidik Kejari Periksa Manager PLN Rayon Nusa Indah Kota Bengkulu

 

Untuk kasus ini, lanjut Irvon, bisa dipastikan sampai saat ini tersangkanya tunggal.

“Kami belum menemukan ada indikasi peserta lain di dalamnya atau adanya aliran uang kepada yang lain selain tersangka ini”, paparnya.

Disinggung penyidikan terkait dugaan pungli Retribusi di Pasar Pagar Dewa Kota Bengkulu, sambung Irvon, kebetulan saat itu tersangka sebagai Kepala UPTD.

“Memang saat zamannya ada juga pungutan retribusi. Makanya kami juga akan memeriksanya sebagai saksi dan kami usahakan secepatnya karena prosesnya sedang berjalan”, pungkas Irvon.

 

 

 

 

 

 

Laporan : Julio Rinaldi
Editor : Aji Asmuni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here