Selamat Jalan, Sobat ……. Kami Merasa Kehilangan Sosokmu Yang Humoris

0
55
Haryadi Darmawan alias Adi ketika berfoto d Masjid Agung Sultan Abdullah di Kabupaten Lebong. (Foto : Facebook)

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU UTARA – Haryadi Darmawan, wartawan koran Harian Radar Utara, tutup usia diusianya 35 tahun. Dia tak sakit, tak pula kecelakaan. Namun, itulah yang namanya maut. Sebuah rahasia Allaah Subhana Wa Ta’ala yang tak seorang pun yang tahu.

Haryadi atau Adi, sapaan akrabnya, ia meninggal ketika menyelamatkan putri kesayangannya Naira Shiva Anggita (6) yang tercebur sumur sedalam kurang lebih 6 meter, di kediamannya Perumahan Padat Karya Kecamatan Argamakmur, Sabtu (5/8/2017) siang.

Kejadian bermula ketika Adi, istrinya, orang tua Adi dan dua anaknya tengah berberes-beres di rumah yang akan ditempati mereka. Saat itu, Adi sedang membuat pagar rumah. Tersentak ia melihat putrinya bermain mendekati sumur yang hanya ditutupi papan lapuk.

Dari kejauhan sepertinya Adi melihat putrinya menginjak papan di atas bibir sumur tersebut. Seketika itu juga Adi berlari untuk menangkap putrinya. Namun apa daya, ia dan putrinya sama-sama masuk ke dalam sumur.

Diduga, sumur sedalam sekitar 6 meter dengan kedalaman air sekitar satu meter itu, mengandung gas beracun. Mengingat, sejak dibuat sumur itu dalam kondisi tertutup rapat. Diduga juga, ketika Adi dan putrinya di dalam sumur itu kehabisan oksigen dan kebanyakan menghirup gas beracun.

Pertolongan evakuasi pun segera dilakukan setelah sebelumnya istri Adi berteriak meminta pertolongan kepada tetangga terdekat. Ketika evakuasi berhasil dilakukan, Adi dan putrinya sudah berada di luar, namun betapa histerisnya sang istri melihat kondisi kedua orang terdekatnya sudah terkulai lemas dan membiru. Yang lebih histeris lagi, Adi dan putrinya sudah dinyatakan tidak bernafas lagi.

Dugaan kuat gas beracun dalam sumur itu diketahui setelah warga yang mengevakuasi Adi dan putrinya, Darwin, yang kondisinya juga lemas pasca evakuasi tersebut. Beruntung Darwin masih bisa diselamatkan, namun ia harus dirawat intensif dengan oksigen di rumah sakit.

Sementara itu, Kapolres Bengkulu Utara, AKBP Andhika Vishnu melalui Kasat Reskrim AKP Jufri memastikan penyebab kematian Adi murni kecelakaan. Atas nama pribadi dan institusi Polri, ia juga mengucapkan bela sungkawa terhadap keluarga korban atas kepergian korban yang dikenal pekerja keras dan humoris itu.

“Kami sudah olah TKP dan hasilnya murni kecelakaan. Kami kenal dekat dengan almarhum. Dia orangnya suka humor dan kami perhatikan juga fokus sama profesinya. Kami juga merasa kehilangan dia”, singkatnya.

Di sisi lain, dalam pergaulan di kalangan sesama jurnalis, Adi juga sering disapa dengan sapaan gurau Sule. Ya…. Sule artis Indonesia yang sudah mapan dan kini sedang mantap sebagai host di program televisi Net.tv yakni, Ini Talkshow.

Kenapa ? selain parasnya yang mirip dengan Sule, pria berdarah Rejang ini juga dalam pergaulan, sering kali bercanda gurau dan jarang terlihat murung. Perilakunya yang sering ngebanyol menjadi ciri khas Adi. Ini lah yang membuat kesan yang tak pernah terlupakan dari sosol seorang jurnalis lokal ini di mata semua teman-temannya.

Kepergian Adi tentu membuat terkejut seluruh rekan jurnalis, khususnya di Kabupaten Lebong tempat ia bertugas dan Kabupaten Bengkulu tempat dimana daerah asal dan tumbuh sebagai jurnalis Radar Utara. Sejumlah ucapan duka dan bela sungkawa dari para sahabat dan teman masih terus mengalir di akun Facebook-nya.

“Aku memang kurang begitu dekat denganmu. Tapi setidaknya kita pernah sama-sama berjuang di lapangan waktu itu. Bagiku, kau sosok pekerja keras, supel dan humoris.
Selamat jalan kawan… semoga kau tenang di sana”, tulis akun Aji Asmuni Kasidi. 

Ungkapan sedih juga dituliskan Debi Antoni, rekan sekantornya di Radar Utara, dalam bahasa Rejang.

“Asei coa ku masei ko laleu gacang yo wat…innalillahi wa innailaihirojiun…smoga amal ibadah nu tenimo tuhan wat…@haryadi darmawan”, tulis Debi.

 

 

 

 

 

 

Laporan : Firdaus
Editor : Aji Asmuni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here