Rakorwil FPTI Se-Sumatera, Mari Sukseskan Bengkulu Tuan Rumah Porwil 2019

0
61
Ketua Umum Pengprov FPTI Bengkulu Yuwono Pintadi. (Foto : Dok. Panitia)

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU – Sebanyak 8 Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) se Sumatera, berkumpul di The View Resto di Jalan Ciliwung Kota Bengkulu. Pertemuan para ahli pemanjat tebing pada Sabtu (29/7/2017) itu dalam rangka Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) FPTI se-Sumatera.

Agenda yang dibahas dalam kegiatan ini diantaranya menghidupkan kembali sirkuit Sumatera yang dalam 1 dekade terakhir dikenal kurang berjalan maksimal. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong kesuksesan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Bengkulu 2019. Yang mana cabang olahraga panjat tebing menjadi salah satu cabang olahraga unggulan dalam even akbar ini.

Agenda lain yang juga penting dibahas dalam kegiatan ini adalah mendorong zona sumatera khususnya cabang olahraga panjat tebing untuk bisa masuk dalam eksebisi Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil).

Ketua Umum Pengprov FPTI Bengkulu, Yuwono Pintadi mengungkapkan, kendati ada 2 pengprov yang berhalangan hadir karena padat kegiatan, yakni dari Bangka Belitung dan Sumatera Utara, namun koordinasi telah dilakukan oleh pihak pelaksana. Dan hasil dari Rakowil ini pun nantinya akan menjadi sebuah rekomendasi bersama FPTI se-Sumatera untuk dilaksanakan secara bersama-sama demi peningkatan prestasi olahraga panjat tebing di Sumatera.

“Dari kegiatan ini kita berharap adanya rekomendasi bersama dalam peningkatan sumber daya manusia dari cabang olahraga panjat tebing di Sumatera. Rekomendasi ini bisa digunakan untuk Pengprov FPTI masing-masing di Sumatera, juga akan disampaikan ke PP FPTI”, ungkap Yuwono.

Adapun poin yang dibahas dalam Rakorwil ini terkait Sirkuit Sumatera. Diantaranya, menghidupkan kembali kejuaraan/kompetisi rutin di Sumatera, dengan tidak hanya mengandalkan kompetisi yang menjadi agenda PP FPTI semata. Karena hal ini terkait dengan peningkatan sumber daya manusia, tidak hanya untuk atlet panjat tebing, melainkan juga untuk peningkatan juri dan pembuat jalur yang ada di Sumatera.

“Sementara dalam Porwil 2019, kami ingin mendorong adanya penambahan zona dan persentase kuota sebagai peserta PON dari hasil Porwil nantinya. Selain itu juga mendorong kesiapan Bengkulu sebagai tuan rumah Porwil 2019, dengan memulihkan kembali iklim olahraga dimulai dari stabilitas KONI Bengkulu, kesiapan anggaran dan kesiapan sarana dan prasarana yang ada”, tambah Yuwono.

Selain itu juga, sambung Yuwono, forum ini juga bertujuan untuk mendorong zona Sumatera agar bisa masuk dalam perhelatan Popwil. Karena saat ini cabang olahraga panjat tebing sudah menjadi salah satu cabang olahraga yang masuk dalam eksebisi Popnas. Sehingga tidak menutup kemungkinan jika cabang olahraga panjat tebing juga bisa masuk dalam Popwil.

“Jika kita sudah masuk dalam Popwil, maka tentunya akan ada even Popda yang dilaksanakan di daerah. Dan ini peluang besar untuk melakukan pembinaan usia muda dan semakin memasyarakatkan olahraga panjat tebing di daerah-daerah yang ada di Sumatera”, demikian Yuwono.

Sementara Kepala Bidang Kompetisi PP FPTI, Rudi Ferano menambahkan, Rakorwil ini merupakan gerbang masuk dari kesuksesan olahraga panjat tebing di Sumatera. Karena dari Rakorwil ini diharapkan bisa memberikan referensi dan rekomendasi kepada pengurus pusat, mengenai kondisi real olahraga panjat tebing yang ada di Sumatera. Ia pun berharap kegiatan ini bisa ditiru oleh Pengprov FPTI di wilayah lainnya di luar Sumatera.

“Ini bentuk keseriusan para pelaku olahraga panjat tebing terhadap daerahnya, khususnya teman-teman pelaku panjat tebing di Sumatera. Karena kita perlu ketahui, bahwa Sumatera memiliki banyak potensi olahraga panjat tebing. Dengan sering dilakukannya konsolidasi seperti ini, kita berharap ada impact terhadap kesempatan prestasi sumber daya panjat tebing yang ada di Sumatera, baik atlet, juri maupun pembuat jalur,” kata Rudi.

 

 

 

 

 

 

Rilis : Pengprov FPTI Bengkulu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here