Ungkap Kisah-Kisah Oknum Pelanggar Pemilu, Bawaslu Provinsi Bengkulu Luncurkan Buku

0
64
Launching buku “Peran dan Eksistensi Dalam Mengawal Proses Pemilu di Bumi Rafflesia” oleh Bawaslu Provinsi Bengkulu di Hotel Santika Bengkulu. (Foto : Tata Riri/RedAksiBengkulu)

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bengkulu meluncurkan buku bertajuk “Peran dan Eksistensi Dalam Mengawal Proses Pemilu di Bumi Rafflesia”. Buku ini mengabadikan seluruh kegiatan penyelenggaraan Pemilihan Umum di Bengkulu sejak 2012.

Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu, Parsadaan Harahap mengatakan, kehadiran buku tersebut merupakan refleksi kegiatan Bawaslu dalam mengawasi terselenggaranya pemilihan umum baik dalam keadaan suka maupun duka.

“Alasan kami membuat buku ini adalah ingin memberikan pengetahuan kepada masyarakat bagaimana Bawaslu melaksanakan tugasnya untuk mengawasi Pemilu. Bagaimanapun keadaannya karena sejarah itu harus ditulis”, katanya dalam Launching dan Bedah Buku Bawaslu di Hotel Santika, Selasa (30/5/2017) siang.

Buku yang dilaunching. (Foto : Tata Riri/RedAksiBengkulu)

Parsadaan menambahkan, banyak sekali peristiwa yang dialami oleh Bawaslu sejak 2012, khususnya penanganan kasus dalam Pemilu. Mengingat dalam melaksanakan pengawasan, Bawaslu mengalami banyak kesulitan karena oknum pelanggar hasil pemilu akan mencari celah untuk memenangkan pemilu dengan menghalalkan segala cara.

“Selain itu, aspek regulasi, kesiapan sumber daya manusia (SDM), kesiapan lembaga serta anggaran juga menjadi hambatan Bawaslu dalam menjalankan tugasnya,” paparnya.

Di tempat yang sama, Ketua Bawaslu RI, Abhan mengapresisasi kegiatan yang dilakukan Bawaslu Provinsi Bengkulu atas launching buku tersebut. Setidaknya, kata Abhan, buku itu bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua, terutama sekarang merupakan tahun menjelang Pemilu.

“Saya mengapresiasi apa yang dilakukan Bawaslu Bengkulu ini. Kita tahu, 2018 mendatang ada Pilkada serentak ketiga, dan akan dilanjutkan dengan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres)”, kata Abhan.

Launching bedah buku Bawaslu Provinsi Bengkulu menghadirkan Bawaslu RI, KPU Provinsi Bengkulu, tokoh masyarakat, akademisi, Ormas dan OKP.

 

 

 

 

 

 

Laporan : Tata Riri
Editor : Oktiviani Seputri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here