Manajer PLTA Ujan Mas Kepahiang Akui Eceng Gondok Penyebab Meluapnya Air Sungai Musi

0
29

Laporan : Hendra Afriyanto

Petugas PLTA membersihkan Eceng Gondok dengan bambu panjang menyingkirkan ke tepian sungai. (Foto : ist)

RedAksiBengkulu.co.id, KEPAHIANG – Manajer PT PLN (Persero) Pengendali, Pembangkit Sektor Bengkulu (Dalkit SBKL) atau PLTA Musi Ujan Mas, Dinda Alamsyah mengakui, jika pihaknya sudah memprediksi intensitas hujan yang tinggi akan menyebabkan peningkatan Eceng Gondok. Penjelasan tersebut terkait desa-desa di sekitar aliran Sungai Musi yang terdampak luapan air, khususnya pada kejadian di Desa Air Hitam Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, pada Rabu (3/5/2017) lalu.

“Waktu (air sungai meluap) itu, saya dapat informasi dari Desa Air Hitam minta untuk dibuka pintu air bendungan. Kami pun langsung bergerak (buka pintu air)”, kata Dinda Alamsyah.

Lebih Lanjut dijelaskannya, meski pintu air bendunagan sudah dibuka total, namun Dinda juga mengakui jika input dan output aliran air di Sungai Musi itu tak imbang. Sehingga dari kondisi itu juga berimbas pada operasional PLTA khususnya pada suplai listrik.

“Kejadian banjir itu karena debit air sudah terlalu besar. Sementara buangan air tak bisa mengimbangi air yang datang. Untuk teknis di pintu air, kami sudah lakukan secara prosedur. Tapi ini karena kondisi hujan ditambah lagi banyaknya Eceng Gondok”, demikian jelas Dinda. 

 

 

Berita Terkait :

Astaghfirullaah !! Ternyata Penyebab Desa Air Hitam Kepahiang Terendam Banjir Adalah ….

Pagi Tadi, Warga Desa Air Hitam Kecamatan Ujan Mas Kepahiang Ini Dikejutkan Dengan…

Malam Ini, Warga Desa Air Hitam Kepahiang Tidak Boleh Tidur Nyenyak Karena Khawatir….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here