Tiga Hari Kepala Disperinaker Kepahiang Tak Di Kantor, Ternyata Diketahui ‘Jalan-Jalan’ Ke….

0
81

Laporan : Hendra Afriyanto

Pelukis dari Pelepah Pisang oleh Adiat, di Desa Tanjung Alam Kecamatan Ujan Mas

RedAksiBengkulu.co.id, KEPAHIANG – Kepala Dinas Perindustrian  dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kepahiang, Aidil Fitri Syafiudin, diketahui selama 3 hari belakangan ini tak pernah berada di kantornya. Kemana? Ternyata pejabat daerah ini mengunjungi beberapa lokasi Industri Kecil Menengah (IKM) yang ada di Kabupaten Kepahiang.

Dalam kunjungannya ke beberapa titik IKM itu, ternyata banyak ditemukan warga Kepahiang yang produktif dan berpotensi dalam mengembangkan karya rupa yang bernilai seni dan ekonomis tinggi. Dan jika dikembangkan pelaku industri ini akan berpotensi menjadi Industri Kecil Menengah (IKM) yang maju.

“Saya tidak terbiasa kerja di ruangan saja. Apa lagi (instansi) yang saya bawahi ini bersentuhan dengan potensi warga Kepahiang. Makanya saya berfikir, baiknya kami turun ke lapangan alias jemput bola”, papar Aidil Fitri.

Karena, sambungnya, selain pihaknya bisa langsung melihat kondisi riil di lapangan, pihaknya juga bisa berbincang dengan pelaku industri terkait apa kendala yang dihadapi mereka selama ini. Sehingga pihaknya bisa mengetahui langsung dari mereka dan bukan hanya berdasarkan laporan hitam di atas putih semata.

Aidil juga menjelaskan, turunnya ia ke lapangan untuk mengetahui potensi industri yang dituju. Tujuannya untuk menanyakan kepada pelaku industri terkait fasilitas atau sarana yang dibutuhkan guna menunjang produktivitas.

Termasuk juga untuk menggali lebih dalam potensi yang ada dari pelaku industri tersebut khususnya pada produk yang lebih menonjolkan kearifan lokal. Sehingga kelaknya pelaku industri tersebut bisa lebih kreatif dan berinovasi dari produk yang ada.

“Ternyata, ada banyak potensi kreatifitas yang bisa digali dari masyarakat. Selama ini kita tidak tahu karena mungkin kita tidak pernah ke lapangan. Contohnya, ketika kami mendatangi Desa Tanjung Alam Kecamatan Ujan Mas, ada pelukis muda yang bakat dan potensinya luar biasa”, sambungnya.

Aidil juga mengaku jika selama ini tidak pernah tahu ada pelukis muda tersebut karena pihaknya tidak mengetahui informasi di lapangan. Setelah dari kunjungan itu, akhirnya pelukis muda itu diarahkan supaya lebih mengeksplor bakatnya.

”Nah, yang seperti ini harus didukung. Potensi dan bakat ada, tapi mungkin selama ini kurang dukungan. Makanya kami berniat untuk membantunya supaya pelukis muda itu bisa berkarya dan lebih mengeksplor karya seninya”, demikian Aidil.

 

Berikut lokasi-lokasi yang dikunjungi Kepala Disperinaker Kepahiang selama 3 hari berturut-turut ;

Pengrajin Limbah Kertas yang dikelola Amir Hendi, di Desa Permu Kecamatan Kepahiang

 

Penangkar Puspa Langka Amorphophallus yang dikelola Holidin , di Desa Tebet Monok Kecamatan Kepahiang

 

Pengrajin Tas dari limbah botol minuman dari plastik kemasan

 

Pengrajin Kriya Kayu oleh Tempayan Air, di Desa Simpang Kota Bingin Kecamatan Merigi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here