Versi RSUD Argamakmur, Soal Regulasi Tarif Jasa Ambulans Tetap Mengacu Perbup Bukan Perda

0
69

Laporan : Firdaus

Ambulans di RSUD Argamakmur (Foto : Firdaus/RedAksiBengkulu)

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU UTARA – Lain pendapat dari Kepala Bagian Hukum Setdakab Bengkulu Utara, Andi Daniel tentang regulasi tarif jasa angkutan ambulans di RSUD Argamakmur, lain juga menurut pihak rumah sakit setempat. Kepala Bagian Tata Usaha RSUD Argamakmur Hijranita menjelaskan, RSUD Argamakmur sudah mengadopsi sistem keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Itu artinya, tidak lagi membutuhkan regulasi berupa Peraturan Daerah (Perda) untuk penerapan tarif layanan.

Berita Terkait : Soal Tarif Jasa Ambulans Di RSUD Argamakmur Ternyata Bukan Diatur Perbup Tapi Ini…..

Karena regulasi itu sudah tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 33 Tahun 2015, (sebelumnya Direktur RSUD Argamkmur Jasmen Silitonga mengaku tidak mengetahui nomor dan tahun Perbup) yang merupakan turunan dari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 61 Tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan BLUD. (Baca : Dasar Tarif Jasa Ambulans Ada Di Perbup, Tapi Direktur RSUD Argamakmur Lupa Nomor dan Tahunnya)

Ditambahkan Hijranita, masih terkait regulasi tarif jasa ambulans, bahwa pihaknya tidak lagi membutuhkan Perda sebagai regulasi dasar hukum dalam penarikan retribusi yang terkait dengan layanan terhadap masyarakat atau pasien di rumah sakit umum.

Katanya lagi, dalam penarikan biaya jasa kepada masyarakat juga bukan dinamakan retribusi. Karena menurutnya, penarikan biaya layanan ini tidak disetorkan ke kas daerah yang kelaknya menjadi pajak atau masuk PAD (Pendapatan Asli Daerah), melainkan masuk ke kas BLUD. Yang mana dana (di kas BLUD) tersebut dikelola oleh rumah sakit itu sendiri.

“Tapi tetap saja dalam pasal 58 Bab IX, dalam menentukan tarif layanan BLUD diusulkan pemimpin BLUD, dalam hal ini kepala daerah melalui sekretaris daerah (sekda)”, demikian Hijranita.

 

Baca Juga :

BPJS Kesehatan : Peserta BPJS Tidak Boleh Ditarik Biaya Jasa Ambulans

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here