Berikut Pengakuan Bapenda Bengkulu Utara Terkait Pajak Penerangan Jalan

0
67

Laporan : Firdaus

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU UTARA – Setiap pembayaran rekening listrik, biasanya ada pungutan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) atau Pajak Penerangan Jalan Umum (PJU) sebesar 10 % per rekening, per pelanggan. Namun kenyataannya, masih banyak pelanggan yang belum mengetahui penarikan PPJ atau PJU tersebut.

Dan perihal ini diakui juga oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bengkulu Utara, Sugeng. Pihaknya mengaku bahwa belum tersosialisasinya dengan baik terkait penarikan PPJ dan PJU yang dikenakan kepada setiap pelanggan listrik.

“Saya meyakini memang belum banyak masyarakat yang tahu bahwa setiap transaksi pembayaran listrik ataupun pembelian token listrik itu sudah dikenakan tarif pajak 10 %. Dan biaya itu diperuntukan PPJ dan PJU”, akunya.

 

Berita Terkait :

Tahukah Anda ? Uang dari Pajak Penerangan Jalan Di Bengkulu Utara Hingga Rp 5 Miliar. Kok, Masih Gelap ?

Peralihan Distamben, Lampu Jalan Umum di Bengkulu Utara Tak Terurus

 

Disinggung soal besaran PPJ yang masuk ke Kas Daerah (Kasda) Bengkulu Utara di tahun 2017 ini, yakni Januari – Maret 2017 tercatat sekitar Rp 1,5 miliar, yang mana jika dirata-ratakan PPJ yang masuk ke kasda sekitar Rp 512 juta per bulannya, Sugeng mengaku belum mengetahui hal tersebut. Sugeng mengaku belum mengecek besaran jumlah keseluruhan dari setoran PPJ dari pihak PLN.

“Nanti saya coba cek dulu berapa total PPJ masuk ke kasda. Karena selama beberapa bulan ini kami belum monitor besaran setoran tersebut”, demikian Sugeng.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here