Kepala UPTD Pasar Pagar Dewa Diperiksa Penyidik Kejari Bengkulu

0
57

Laporan : Calon Jurnalis 3

Kepala UPTD Pasar Pagar Dewa Kota Bengkulu, Jafar Siddik, sedang diperiksa penyidik, Selasa (4/4/2017). (Foto : CJ3/RedAksiBengkulu)

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU – Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar Pagar Dewa Kota Bengkulu, Jafar Siddik, Selasa (4/4/2017) diperiksa Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkulu. Tentunya terkait perkara dugaan tindak pidana pungutan liar (Pungli) yang jumlahnya diperkirakan lebih dari Rp 200 juta di Pasar Pagar Dewa Kota Bengkulu, tahun 2016.

Pemeriksaan ini merupakan pengembangan dari pengumpulan bahan dan keterangan (Pulbaket) penyidik serta meminta klarifikasi terkait adanya laporan masyarakat tentang dugaan pungli di Pasar Pagar Dewa itu.

Pantauan RedAksiBengkulu.co.id, Jafar Siddik yang diperiksa masih sebagai saksi itu datang ke Kejari Bengkulu sendirian dengan mengenakan pakaian dinas ASN (Aparatur Sipil Negara). Pemeriksaan yang dilakukan oleh Jaksa Penyidik Daniel R.P Hutagalung itu berlangsung sekitar 3,5 jam atau sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB.

Usai keluar dari ruang penyidik, ketika dikonfirmasi awak pers, Jafar mengaku baru mengetahui jika selama ini ada indikasi pungli di Pasar Pagar Dewa.

“Terus terang saya baru tahu dan selama ini saya memang nggak tahu kalau ada pungli di Pasar Pagar Dewa. Saya baru tahu saat diperiksa ini”, aku Jafar

Sedangkan untuk retribusi yang ditarik setiap harinya, sambung Jafar, ia mengaku sudah disetor sesuai aturan dan prosedur. Jafar menambahkan, retribusi yang ditarik kepada setiap pedagang besarannya Rp 1.500 per hari. Retribusi itu untuk retribusi keamanan, kebersihan dan listrik. Dan retribusi itulah yang untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bengkulu.

“Kalau untuk pemungutan retribusi auning tidak ada”, papar Jafar yang masih aktif menjabat Kepala UPTD Pasar Pagar Dewa Kota Bengkulu.

 

Berita Terkait :

Dugaan Pungli Pasar Pagar Dewa , 2 Pejabat Diskop UMKM Kota Bengkulu Diperiksa Kejari

Diduga Pungli, Mantan Kabid Pasar Disperindag Kota Bengkulu Diperiksa Penyidik Kejari

 

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bengkulu, I Made Sudarmawan, melalui Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Irvon Desvi Putra membenarkan pemeriksaan yang dilakukan terhadap Jafar Siddik itu guna menelusuri laporan dari masyarakat.

“Untuk menelusuri benar atau tidak laporan masyarakat, makanya kami minta klarifikasi dari Kepala UPTD Pasar Pagar Dewa,” singkat Irvon.

Sebelumnya 2 pejabat di Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bengkulu, masing-masing Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Diskop UMKM) Kota Bengkulu Edison, serta Kepala Bidang (Kabid) Koperasi, Saral, juga sudah diperiksa penyidik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here