Belum Ada Kejelasan Pedagang PTM Mogok Jualan

0
58

Laporan : Tata Riri

Kios-kios di PTM hampir 95 % tutup tak jualan, Hal itu sebagai bentuk kritikan dari pedagang atas pemortalan di kawasan PTM. (Foto : Tata Riri/RedAksiBengkulu

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU – Polemik pemortalan di kawasan Pasar Tradisional Modern (PTM) Kota Bengkulu sepertinya berbuntut panjang karena persoalan tersebut sampai kini belum ada titik temu antara pedagang PTM dengan pengelola pasar. Bahkan sampai pada puncaknya Rabu (8/3/2107), sebagian besar pedagang PTM mogok jualan.

“Pedagang tidak mengetahui apa-apa tentang portal itu. Dan (pemortalan) ini cuma persetujuan sepihak. Jadi, kami meminta (portal) ini untuk dibongkar”, kata Ketua Persatuan Pedagang Pasar Minggu Eks Terminal (P3MET), Sudarmadji.

Sementara itu, dituturkan salah seorang pedagang setempat, Jhon Hendri, dari 800 kios di blok PTM ini, 95 % tutup alias tak jualan. Mulai dari lantai bawah hingga atas. Namun Jhon, si penjual palawija ini mengaku, ia tetap jualan karena alasannya, dagangan ia tidak begitu berpengaruh dibanding jualan pedagang lainnya, seperti pedagang makanan, pakaian atau bumbu-bumbu dapur yang tampak signifikan ruginya.

“Mereka sehari ini saja tak jualan. Kalau menurut pedagang yang tak jualan itu, biarlah mereka rugi sehari tak jualan dari pada omzetnya terus menurun setiap hari akibat diportal”, tutur Jhon menirukan pedagang yang tak jualan.

 

Berita Terkait :

Pedagang PTM Bengkulu Menolak Dipasang Portal Karena ….

 

Sementara itu, dituturkan pengunjung (konsumen) PTM, Rosmani (55), ia sempat kaget melihat kondisi PTM yang sepi dan menariknya merata tutup dari ujung ke ujung. Bahkan ia juga sempat merasa tidak percaya setelah melihat kios-kios pedagang itu bisa kompak nyaris tutup semua.

“Saya nggak tahu kalo ada mogok jualan hari ini. Saya setiap pagi ke pasar untuk belanja kebutuhan dapur. Tapi kalau sudah begini, bingung juga mau belanja di mana? Soalnya, di PTM ini harganya jauh lebih murah dibanding tempat lainnya,” aku Rosmaini.

Diketahui, di PTM ini hampir semua kebutuhan rumah tangga dijual di sana. Mulai dari pakaian, sepatu/sandal, manisan, kelontong, bumbu – rempah dan lainnya. Sebagian konsumen ada yang mengaku berbelanja di PTM lebih murah dibanding di pasar lainnya. Ada juga sebagian konsumen merasa sama saja atau tidak begitu pedulikan harga namun lebih ke suasana nyaman dan praktis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here