Perdana ! Donor Darah Diselenggarakan PMR SMPN 1 Rejang Lebong

0
48

Laporan: Aji Asmuni

Foto : Panitia Pelaksana

RedAksiBengkulu.co.id, REJANG LEBONG – Berdasarkan Rencana Kerja (Renker) Tahun 2016/2017 unit Palang Merah Remaja (PMR) SMP Negeri 1 Rejang Lebong bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Rejang Lebong yang difasilitasi pihak sekolah, mengadakan bakti sosial Donor Darah. Kegiatan bertema ‘Darahku Bukti Peduli Sesama’ ini digelar 24 – 27 Januari 2017.

Kepala Markas PMI Rejang Lebong, Januardi yang juga pelatih PMR Madya SMPN 1 Rejang Lebng mengungkapkan, kegiatan ini perdana dilakukan oleh PMR sekolah, bukan langsung dari PMI. Perdana pula dilaksanakan di Provinsi Bengkulu. Dan tidak menutup kemungkinan, kata Januardi, akan berkelanjutan oleh sekolah-sekolah lainnya. Seperti di SMAN 1 Rejang Lebong dan SMPN 4 Rejang Lebong yang rencananya akan digelar pada Februari mendatang.

“Biasanya kegiatan donor darah itu penyelenggaranya PMI atau instansi/lembaga pemerintahan/swasta. Nah, yang ini langsung dari Unit PMR di sekolah-sekolah. Dan untuk SMPN 1 Rejang Lebong sebagai pilot project bakti sosial ini. Mudah-mudahan sukses dan bisa berlanjut ke sekolah lain”, papar Januardi.

Jan sapaan akrab Januardi, menambahkan, selain donor darah, rangkaian kegiatan lainnya adalah, cek golongan darah dan pemeriksaan kesehatan yang digelar di SMPN 1 Rejang Lebong.

“Pemeriksaan kesehatan digelar bersamaan pemeriksaan darah bagi siswa kelas 7 dan donor darah komunitas sekolah dan undangan (orang tua/wali murid dan undangan lain) pagi Jumat besok”, ujar Jan didampingi Ketua Panitia Kegiatan, Erza Kurnia Putri, siswi Kelas 8.

Jan berharap kegiatan Tri Bakti PMR ini bisa dilaksanakan sekolah lain guna mewujudkan tujuan strategis PMI dalam meningkatkan persediaan darah yang aman dan dapat dijangkau di Rejang Lebong.

Donor Darah yang digelar di SPN Bukit Kaba. (Foto : PMI Rejang Lebong)

Di sisi lain, dari kegiatan Donor Darah oleh Siswa Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri dan Personel Sekolah Polisi Negara (SPN) Bukit Kaba Polda Bengkulu, yang digelar di SPN Simpang Bukit Kaba, Rejang Lebong Kamis (26/1/2017) pagi, diperoleh sekitar 70 kantong darah.

Wakil Ketua Bidang UKTD dan Yansos PMI Rejang Lebong, Alektrino Lasta Fortana berujar, dari kegiatan donor yang digelar selama ini, hasil donor terbanyak diperoleh di SPN Bukit Kaba ini.

“Alhamdulillaah hasilnya banyak dibanding hasil dari kegiatan sebelumnya. Semoga darah-darah itu bermanfaat bagi yang membutuhkannya. Berharap juga kegiatan ini bisa terus berlanjut,” ujar Alek.

Hanya saja, kata Alek, klasifikasi jenis darahnya belum bisa diketahui, mengingat darah-darah itu sedang dalam proses scanning.

“Setiap darah yang diperoleh dari donor, kami selalu men-scanning-nya terlebih dahulu di laboratorium. Makanya, belum sempat diketahui berapa jenis darah dari masing-masing golongan A, B, AB atau O,” demikian papar Alek.    

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here