Pemkab Rejang Lebong Merehab, DPRD Kepahiang Yang Sidak. Kok Bisa?

0
50

Laporan : Hendra Afriyanto

Tinjauan Pansus Aset I DPRD Kepahiang di Eks Pabrik Nilam di Desa Air Merah Kecamatan Merigi Kabupaten Kepahiang. (Foto : ist)

RedAksiBengkulu.co.id, KEPAHIANG – Pansus Aset I yang membahas aset daerah Kepahiang yang belum di-P3D (Personil, Pembiayaan, Perlengkapan dan Dokumen) DPRD Kepahiang, yang diketuai Zainal, meninjau Rumah Sakit (RS) Jalur Dua yang berada di Kecamatan Merigi Kabupaten Kepahiang. Tinjauan tim pansus itu fokus kepada kepemilikan status rumah sakit yang notabene tengah direhab Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong (RL).

Anggota Pansus Aset I, Armin Jaya kepada RedAksiBengkulu.co.id mengungkapkan, pada prinsipnya Pemkab Kepahiang berpegang teguh terhadap UU Nomor 39 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Kepahiang dan Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu. Pansus lebih mendesak permasalahan RS Jalur Dua itu segera di P3D-kan terlebih dahulu.

“Kami fokus kepada status kepemilikan RS Jalur Dua itu dulu. Dan dari tinjauan kami, justru kami aneh kenapa DPRD Rejang Lebong itu mau menganggarkan dana untuk rehab RS Jalur Dua itu”, kata Armin Jaya.

Disinggung bahwa satu sisi terkait status kepemilikan lahan RS Jalur Dua itu telah memiliki sertifikat atas nama Pemkab Rejang Lebong, Armin menjawab, sah–sah saja. Bahkan Armin menyatakan, jika memang sertifikat lahan RS Jalur Dua itu sudah ada, justru jadi terbantu untuk nantinya di P3D-kan.

“Tapi yang kami pedomani tetap berlandaskan UU Nomor 39 Tahun 2003. Semestinya Pemkab Rejang Lebong sewaktu itu menyerahkan kepemilikannya (RS Jalur Dua) ke kabupaten pemekaran (Kabupaten Kepahiang)”, papar politisi PKS ini.

Armin melanjutkan, sebaiknya dalam hal perehaban rumah sakit tersebut, Pemkab Rejang Lebong harus memiliki kesepakatan (MoU) terlebih dahulu dengan Pemkab Kepahiang.

“Mestinya pembangunan (rehab) itu dihentikan dulu sebelum ada MoU (Memorandum of Understanding). Kenapa malah dilanjutkan? Kan malah timbul pertanyaan, ada apa ini?”, demikian Armin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here