Tolong ! Irigasi Sawah Desa Sumber Rejo Bengkulu Utara Butuh Perhatian Serius

0
43

Laporan : Firdaus

Beginilah kondisi sawah di Desa Sumber Rejo Kecamatan Hulu Palik yang kekeringan akibat rusaknya irigasi. (Foto : Firdaus/RedAksiBengkulu)

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU UTARA – Irigasi persawahan di Desa Sumber Rejo Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu banyak mengalami kerusakan. Kondisi ini tentunya berdampaknya pada pengairan sawah. Dan sedikitnya ada 30 hektar sawah yang kini sedang dilanda kekeringan bahkan terancam gagal panen.

Ketua Kelompok Tani (Poktan) desa setempat, Agus menuturkan, kerusakan irigasi di desanya sudah terjadi sejak beberapa bulan lalu. Sementara sawah di desa itu usia tanaman padinya baru 2 minggu dan sedang butuh banyak air.

“Antisipasinya, warga desa bergotong-royong memperbaiki irigasi secara swadaya. Tapi ya namanya swadaya, jadi alakadarnya saja sesuai kemampuan”, kata Agus. 

Di sisi lain, ujar Agus, dampak dari kerusakan irigasi tersebut ada juga sawah yang kondisinya kini benar-benar kering. Itu bisa dilihat kondisi tanah yang retak-retak. Karena keterbatasan, petani setempat kini hanya bisa berharap hujan turun.

“Memang  belakangan ini jarang hujan. Jadi, wajar saja kalau retak-retak tanah di sawah kami”, sambung Agus.

Disinggung seperti apa kerusakan irigasi itu, Agus menjelaskan, banyak lantai dan dinding irigasi yang jebol. Sehingga air yang seharusnya mengalir di jalur irigasi namun terbuang sia-sia masuk disela-sela lubang dinding yang jebol.

” Logikanya, kalau kualitas fisik irigasi itu bagus, pasti awet. Nah, kalau jebol seperti itu, ada kemungkinan kualitas bangunan irigasi itu sembarangan buatnya waktu itu”, demikian keluh Agus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here