TKA Ilegal Asal Tiongkok Diamankan Petugas Imigrasi Bengkulu

0
45

Laporan : Tata Riri

Empat TKA asal Tiongkok yang diamankan petugas Imigrasi Bengkulu. (Foto : Tata Riri/RedAksiBengkulu)

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU – Petugas Imigrasi Bengkulu berhasil mengamankan 4 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok di PT Mingan Mining yang berlokasi di Desa Pondok Bakil Kecamatan Ulok Kupai Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu. Penangkapan itu dalam rangka pelaksanaan Operasi Pengawasan Orang Asing secara serentak di seluruh Indonesia. Dua dari empat TKA yang diamankan pihak Imigrasi memiliki dokumen resmi seperti paspor, yakni atas nama Lin Yiule dan Weng Renhua.

Kepala Divisi Imigrasi Bengkulu, Amirullah mengatakan, kedua TKA asal Tiongkok yang tidak dapat menunjukkan dokumen keimigrasian itu telah melanggar pasal 71 huruf a Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Selain itu, TKA lainnya atas nama Zheng Guoqiang memiliki paspor bernomor K39416740 dan Kitas bernomor : 2C21JD2599 yang dikeluarkan Kantor Imigrasi Jakarta Pusat, tidak dapat menunjukkan wilayah kerjanya di Bengkulu Utara. Sehingga TKA itu melanggar pasal 72 huruf a Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011. Sedang TKA atas nama Lin Weibin memiliki paspor  bernomor E62617301 dan masuk ke Indonesia dengan menggunakan Izin Tinggal Kunjungan (ITK).

“Untuk TKA ilegal atas nama Lin Weibin yang bersangkutan memiliki paspor dan masuk ke Indonesia dengan menggunakan ITK. Namun, dia berada dalam areal PT. Mingan Mining sehingga kami amankan dan akan diperiksa lebih lanjut”, ujar Amirullah saat Press Release di Kantor Imigrasi Bengkulu, Jumat (20/1/2017)

Keberadaan TKA illegal di Bengkulu tidak terlepas dari mudahnya akses masuk ke Bengkulu sehingga perlu pengawasan lebih intensif dari semua pihak. Saat ini, keempat TKA illegal tersebut masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here