Keluarga Yayan Kembaran Yuyun Datangi Dinsos PMD Rejang Lebong

0
54

Laporan : Rahmadi

Orangtua Yayan, didampingi Teti Sundari ketika di ruangan Kabid Sosial Dinsos PMD Rejang Lebong, Ario Tomi. (Foto : Rahmadi/RedAksiBengkulu)

RedAksiBengkulu.co.id,  REJANG LEBONG – Rabu (18/1/2017) siang, orangtua Yayan, Yana dan Yakin didampingi Ketua Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Sekretariat Cabang Kabupaten Rejang Lebong, Teti Sundari mendatangi Kantor Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Rejang Lebong.

Kedatangan orangtua kembaran (almarhumah) Yuyun ini guna menyerahkan laporan tertulis perihal kondisi anak mereka, Yayan, beserta dua rekannya Uus dan Restu yang mondok di Pesantren Bahrul Maghfiroh Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur.

Sembari menyerahkan laporan tertulis, di kantor Dinsos Yana dan Yakin menceritakan semuanya apa yang dialami oleh Yayan dan kawan-kawannya itu di hadapan pihak Dinsos. Ditambah lagi keterangan yang disampaikan oleh Teti Sundari selaku pendamping.

“Kami berterimakasih dengan pemerintah yang sudah peduli dengan keluarga kami. Tapi melihat kondisi anak kami Yayan jadi begini, setelah kami pikir-pikir kalau bisa biarlah kami tarik Yayan itu bersekolah di Curup aja,” harap Yana dihadapan Kepala Dinsos PMD Rejang Lebong, Darmansyah didampingi Kabid Sosial, Ario Tomi.

Menyikapi hal itu, Darmansyah, Kepala Dinsos PMD Rejang Lebong mengungkapkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pekerja Sosial (Peksos) Kemensos RI, Diana, selaku pendamping keluarga Yayan untuk mendapatkan penjelasan lebih rinci terkait tunggakan administrasi sekolah Yayan dan kedua rekannya.

“Laporan yang sudah diserahkan ini akan kami ajukan ke Kemensos RI dulu untuk mendapatkan jawaban dan solusinya seperti apa nantinya. Tentu kami juga akan berkoordinasi dengan Diana, karena dia lah yang mengetahui persis persoalan ini,” kata Darmansyah di ruang kerjanya.

Di sisi lain, Kabid Sosial Ario Tomi, sempat menelpon Diana di ruang kerjanya dihadapan Yana dan Yakin serta Tuti Sundari. Dalam pembicaraan Tomi dengan Diana, Tomi penjelasan kepada Diana selaku Peksos Kemensos RI terkait masalah yang dialami Yayan dan kedua rekannya di ponpes itu.

Dan dalam kordinasi mereka melalui telpon, diketahui jika Diana mengaku sudah berkoordinasi dengan Kemensos RI. Dan persoalan yang dialami Yayan itu tetap menjadi tanggungjawab dari Kemensos RI.

Tomi berharap kepada Pekerja Sosial (Peksos) yang ditunjuk Kementerian Sosial RI sebagai pihak yang bertanggungjawab permasalahan ini agar memberikan konfirmasi dan berkoordinasi kepada Dinsos Rejang Lebong tentang progress yang sudah dilakukan terkait penyelesaian permasalahan ini.

“Pihak pondok pesantren juga sebaiknya memberikan laporan tertulis secara resmi kepada Kemensos RI ataupun ke Dinsos Rejang Lebong terkait sejak kapan uang sekolah Yayan dan rekan-rekannya itu belum dibayarkan. Itu supaya ditindaklanjuti dan disegerakan mencari solusinya”, demikian kata Tomi.

 

Berita Terkait :

Ibu Yayan Kembaran Yuyun, Masih Menunggu Jawaban Dinsos PMD Rejang Lebong

Yayan, Kembaran Yuyun Yang Mondok di Ponpes Bahrul Maghfiroh Malang Kondisinya Memprihatinkan. Benarkah?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here