Akhirnya Tim Saber Pungli Bengkulu Utara Dikukuhkan. Tapi  Anggarannya Baru Dimasukkan di P-APBD 2017

0
51

Laporan : Firdaus

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU UTARA – Akhirnya, Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Bengkulu Utara dikukuhkan Kamis (12/1/2017) pagi di gedung baru Kantor Inspektorat Bengkulu Utara. Namun peresmian yang dilakukan oleh Wakil Bupati Bengkulu Utara Arie Septia Adinata itu kesannya hanya sebatas menunaikan seremoni belaka.

Kesan itu terlihat bahwa diketahui pada pengukuhan terhadap 29 orang sebagai Tim Saber Pungli ini disinyalir tidak didukung adanya anggaran. Bahkan kesan lain yang ditimbulkan dari seremoni itu seperti terburu-buru. Bahkan tim tersebut dikukuhkan tanpa melalui rapat pembentukan tim terlebih dahulu oleh pihak terkait.

Wakil Bupati Bengkulu Utara, Arie Septia Adinata ketika dikonfirmasi terkait hal itu tidak menepisnya. Kepada awak pers Arie mengungkapkan, bahwa benar pengukuhan tim ini belum ada anggarannya. Itu karena Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara belum menganggarkan pendanaan Tim Saber Pungli itu dalam APBD 2017.

“Kami akan koordinasikan dengan pak bupati. Sebab di APBD 2017 memang belum dianggarankan untuk menunjang program kerja Tim Saber Pungli ini,” kata Arie usai pengukuhan.

Arie menambahkan, rencananya anggaran untuk menunjang tim ini direncanakan akan dianggarkan pada Perubahan APBD (P-APBD) 2017 kelak. Harapan Arie, setelah tim dikukuhkan bisa mengawasi dan memonitoring langsung dalam pembangunan di Bengkulu Utara.

“Termasuk pengawasan pembangunan di setiap desa yang menggunakan ADD (Anggaran Dana Desa) dan DD (Dana Desa), dunia pendidikan, kesehatan dan pelayanan umum. Harapannya bisa diawasi dengan ketat agar tidak ada lagi pungli yang merugikan masyarakat”, sambung Arie.

Di sisi lain, kesan terburu-buru dan tanpa adanya rapat koordinasi antar lembaga/instansi pada pengukuhan ini tidak dibantah pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Argamakmur. Kasi Pidsus Kejari Argamakmur, Dodi Junaidi ketika dikonfirmasi mengaku, jika pihaknya terkejut karena undangan yang sebelumnya untuk pengukuhan dibarengi dengan undangan rapat Tim Saber Pungli.

“Saya juga kaget tiba-tiba ada undangan pengukuhan tim. Karena saya rasa belum ada koordinasi antar instansi mengenai pembentukan Tim Saber Pungli ini. Tapi, mengingat ini demi kepentingan publik, saya ikut saja dan menemani pak Kajari Argamakmur untuk hadir dalam pengukuhannya di kantor Inspektorat”, akunya.

 

 

Berita Terkait :

Terkait Blundernya Tim Saber Pungli Bengkulu Utara, Plt Sekda Marahi Kabag Hukum

 

Diketahui, Tim Saber Pungli yang susunannya terdiri dari 29 anggota berdasarkan struktur dari Permendagri RI yaitu, selaku Penasehat Tim Saber Pungli, Kapolres Bengkulu Utara, Dandim 0423/Bengkulu Utara, Kajari Argamakmur, Ketua Pengadilan Negeri Argamakmur dan Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkulu Utara.

Ketua Pelaksananya Wakapolres Bengkulu Utara, Wakil Ketua I Inspektur Inspektorat Bengkulu Utara dan Wakil Ketua II Kasi Intelijen Kejari Argamakmur. Sedangkan anggotanya terdiri dari kelompok ahli, antara lain Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bengkulu Utara, Seksi Pengawasan Polres Bengkulu Utara, Asisten Pemerintahan Umum Setdakab Bengkulu Utara, Staf Ahli Bidang Hukum Setdakab Bengkulu Utara.

Untuk Kesekretariatan terdiri dari Sekretarisnya Kabag Ops Polres Bengkulu Utara, Sekretaris Inspektorat Bengkulu Utara, Kasubag Pembinaan Kejari Argamakmur, Kasubag Umum Inspektorat Bengkulu Utara. Lalu, Kasubag Perencanaan Inspektorat Bengkulu Utara serta Kasubag Evaluasi dan Pelaporan dari Inspektorat Bengkulu Utara.

Ada juga Kelompok Kerja Unit Intelijen terdiri dari, Ketuanya Kasat Intelkam Polres Bengkulu Utara dengan para anggotanya adalah Kaposda BIN Bengkulu Utara, Pasi Intel Kodim 0423/ Bengkulu Utara, Kakan Kesbangpol Bengkulu Utara, Inspektur Pembantu Wilayah I Inspektorat Bengkulu Utara dan Jaksa Intel Kajari Argamakmur.

Untuk Kelompok Kerja Unit Pencegahan Ketuanya Kasi Datun Kejari Argamakmur, Anggota Kasat Bimas Polres Bengkulu Utara, Kepala Bagian Hukum Setdakab Bengkulu Utara, Inspektur Pembantu (Irban) Wilayah II Inspektorat Bengkulu Utara. Kelompok Kerja Unit Tindakan ketuanya Kasat Reskrim Polres Bengkulu Utara dan anggota Kanit Tipikor Satreskrim Polres Bengkulu Utara, Danru Provos Kodim 0423/Bengkulu Utara, Inspektur Pembantu (Irban) Wilayah III Inspektorat Bengkulu Utara dan Jaksa Pidsus Kejari Argamakmur.

Terakhir Kelompok Kerja Unit Yustisia ketuanya Kasi Pidsus Kejari Argamakmur, dan anggotanya Kasdim 0423/ Bengkulu Utara, Kanit Propam Polres Bengkulu Utara, Kasi Pidum Kejari Argamakmur dan Inspektur Pembantu (Irban) Wilayah IV Inspektorat Bengkulu Utara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here