Terkait Blundernya Tim Saber Pungli Bengkulu Utara, Plt Sekda Marahi Kabag Hukum

0
61

Laporan : Firdaus

Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkulu Utara, Haryadi. (Foto : Dokumentasi RedAksi Bengkulu)

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU UTARA – Memblundernya persoalan atas terbitnya Surat Keputusan (SK) Bupati Bengkulu Utara Nomor 826 Tahun 2016, tertanggal 31 Desember 2016 tentang Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), membuat Plt Sekda Bengkulu Utara, Haryadi, geram. Haryadi menegaskan, soal penerbitan SK yang disebut-sebut tanpa melalui koreksi Bagian Hukum Setdakab Bengkulu Utara itu tidak benar.

“Itu cuma miskomunikasi. Semua sudah melalui prosedur yang benar atas instruksinya. Tidak benar kalau SK tidak dikoreksi,” tegas Haryadi.

Bupati juga, lanjutnya, sudah resmi menandatangani SK tersebut dan sudah melalui koreksi Bagian Hukum Setdakab Bengkulu Utara. Bahkan, kata Haryadi lagi, Kamis (12/1/2017), Tim Saber Pungli akan dikukuhkan Bupati Bengkulu Utara, Mian.

“Besok, Tim Saber Pungli akan dikukuhkan bupati,” sambungnya.

Disinggung tentang apakah penerbitan SK Tim Saber Pungli itu dikabarkan akan ditarik mundur, Haryadi langsung membantahnya. SK itu, kata Haryadi, terbit sudah sesuai dengan waktunya dan atas persetujuan bupati. Ketika disinggung bahwa tertanggal 31 Desember 2016, Wakapolres Bengkulu Utara mengaku belum menerima informasi apapun soal pembentukan Tim Saber Pungli, Haryadi menjawab hanya miskomunikasi.

“Miskomunikasi itu. Tim ini sudah terbentuk sejak lama. Tapi memang masih menentukan waktu pengukuhan serta terbitnya SK Bupati,” jawab Haryadi.

Di samping itu, Andi Daniel, Kabag Hukum Setdakab Bengkulu Utara berujar, terkait SK Tim Saber Pungli yang tanpa koreksi itu menurutnya tidak usah diperpanjang lagi. Andi juga mengaku jika ia ditegur Plt Sekda mengenai statemennya di media massa.

“Tidak usah dipolemikan lagi soal keluarnya SK itu. Inspektur melapor ke Pak Sekda, dan saya dimarahi. Sekda marah, harus lapor dan izin beliau untuk komentar ke surat kabar,” beber Andi.

 

Berita Terkait :

Sekda Bengkulu Utara Ngaku Tim Saber Pungli Sudah Dibentuk, Tapi Kepolisian Berkata Begini…

Dan….. Tim Saber Pungli Bengkulu Utara Akhirnya Terbentuk

Tentang Tim Saber Pungli di Bengkulu Utara Yang Katanya Sudah Dibentuk, Memblunder

Inspektur Inspektorat Bengkulu Utara : Soal SK Saber Pungli Saya No Comment

 

Dikonfirmasi terpisah terkait kesiapan pihaknya bahwa besok akan ada pengukuhan Tim Saber Pungli, Kapolres Bengkulu Utara Andhika Vishnu justru mengaku terkejut. Karena ia baru menerima undangan dari Plt Sekda sebatas pembahasan pembentukan Tim Saber Pungli bukan mengenai pengukuhan. Namun Kapolres mengatakan, jika benar akan ada pengukuhan, ia hanya membenarkan saja dan akan mengikuti apa yang menjadi agenda dari Pemkab Bengkulu Utara.

“Saya tidak tahu ada undangan pengukuhan. Yang saya tahu berdasarkan undangan yang saya terima, tertulis diundangan itu pembahasan soal Tim Saber Pungli ini. Tapi kalau memang benar ada pengukuhan, kami siap dan akan mengikutinya,” singkat kapolres.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here