Petugas Kebersihan di Bengkulu Utara Sudah Tidak Lagi Kewenangan Dinas PU

2
84

Laporan : Firdaus

Ratusan petugas kebersihan kini menjadi kewenangan DLHPK Bengkulu Utara. (Foto : Dok/RedAksiBengkulu)

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU UTARA – Petugas kebersihan di Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu atau yang akrab disebut Pasukan Kuning, tadinya di bawah kewenangan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Bengkulu Utara, kini sudah tidak ada lagi. Sejak nomenklatur Organisasi Peraturan Daerah (Perda) OPD baru dan mulai diterapkan di 2017 ini, status Pasukan Kuning itu kini di bawah kewenangan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bengkulu Utara. Dan BLH itu sendiri juga berganti nama menjadi Dinas Lingkungan Hidup Pertamanan dan Kebersihan (DLHPK) Bengkulu Utara.

“Awal 2017, sebanyak 169 orang pasukan kuning itu mulai di bawah kewenangan DLHPK,” kata Akmaludin.

Kewenangan terhadap bidang kebersihan dan pertamanan itu nantinya, sambung Akmal, akan meliputi seluruhnya. Yang mana seluruh aset yang selama ini oleh Dinas Pekerjaan Umum, akan diambil alih DLHPK. Seperti, truk angkutan sampah, TPA dan aset-aset kebersihan lainnya.

Meski sudah beralih status di kelembagaan, di sisi lain, bidang kebersihan di Dinas PU ini masih mengatur susunan anggaran 2017. Karena anggarannya saat ini masih menjadi tanggungjawab Dinas PU dan baru dapat digunakan sesuai dengan yang sudah disusun Dinas PU Bengkulu Utara.

2 COMMENTS

  1. Sehubungan dengan diambil alihnya sebagian tugas dinas cipta karya oleh DLH, mis kebersihan dan TPA, apakah instalasi limbah tinja juga dikelola oleh DLH BU??

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here