Sekda Bengkulu Utara Ngaku Tim Saber Pungli Sudah Dibentuk, Tapi Kepolisian Berkata Begini…

0
51

Laporan : Firdaus

Para perwira Kepolisian Resort Bengkulu Utara. (Foto : Firdaus/RedAksiBengkulu)

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU UTARA – Wakil Kepala Kepolsian Resort (Waka Polres) Bengkulu Utara, Kompol Eko Sisbiantoro mengungkapkan, pihaknya belum sama sekali diundang rapat oleh  Pemkab Bengkulu Utara terkait bahasan atau pembentukan Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di Kabupaten Bengkulu Utara.

“Kalau kiriman surat dari pemerintah pusat terkait struktur organisasi Saber Pungli, kami (Polri,red) sudah menerimanya. Tapi untuk pembentukan dan pengukuhan tim dari Pemkab Bengkulu Utara belum ada tanda-tandanya. Beberapa waktu lalu, Sekda (Bengkulu Utara) pernah bicarakan tim (Saber Pungli) ini. Kami diminta untuk mempersiapkan kebutuhan anggaran dan mencarikan sekretariatnya,” kata Wakapolres, ditemui usai Upacara Peringatan Hari Satpam di halaman Polres Bengkulu Utara.

Eko menambahkan, untuk di Kabupaten Bengkulu Tengah, ia sendiri sudah pada posisi sebagai Ketua Tim Saber Pungli. Karena wilayah hukum Kabupaten Bengkulu Tengah masih di bawah naungan wilayah hukum Polres Bengkulu Utara. Sedang di Kabupaten Bengkulu Utara, ia sendiri belum mengetahui apakah ia mendapatkan jabatan rangkap sebagai Ketua Tim Saber Pungli juga. Atau bisa jadi untuk di Kabupaten Bengkulu Utara bukan dia yang mengetuainya.

“Khusus persoalan ini, kami akan berkoordinasi ke Polda Bengkulu. Saya rasa mungkin di Bengkulu Utara bukan saya. Bisa jadi perwira polisi lainnya. Tapi itu baru kemungkinan. Kepastiannya nanti setelah mengetahui keputusan dan kebijakan dari Polda Bengkulu”, sambung Eko.

 

 

Berita Terkait : Apa Kabar Pembentukan Tim Saber Pungli Pemkab Bengkulu Utara? Kok Belum Ada Kejelasan?

 

 

Ketika RedAksiBengkulu.co.id menyinggung soal anggaran yang dibutuhkan pada Tim Saber Pungli, mengingat akan melibatkan personil kepolisian, Eko masih enggan membeberkan.

Struktur Tim Saber Pungli ini nantinya melibatkan, pihak kepolisian, kejaksaan dan pihak pemerintah daerah. Berdasarkan instruksi Presiden RI Joko Widodo ke seluruh pemerintahan di Indonesia, bahwa tim ini dipimpin oleh Wakapolres. Untuk Wakil I dari pemerintah daerah yakni Inspektur Inspektorat, dan Wakil II dari pihak kejaksaan dalam hal ini Kepala seksi (Kasi) Intelejen Kejari Argamakmur. Personil dalam tim melibatkan 35 orang dari pihak kepolisian. Itu artinya, keanggotaan dari pihak Polri mendominasi dalam Tim Saber Pungli ini.

Sebelumnya, Sekda Bengkulu Utara Haryadi yang dimandati untuk membentuk tim ini mengungkapkan, bahwa Tim Saber Pungli sudah dibentuk dan hanya tinggal mempersiapkan sekretariat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here