2017, Pejabat dan Pegawai RSUD Argamakmur Mengaku Kebingungan

0
52

Laporan : Firdaus

RSUD Argamakmur. (Foto : Net)

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU UTARA – Pejabat dan pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Argamakmur sepertinya akan kebingungan pada manajemen pengelolaan keuangan. Itu karena, mulai tahun depan (2017) status RSUD Argamakur akan berubah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

“Berubahnya status itu kelak, kami selaku pegawai yang menangani keuangan di rumah sakit ini jadi bingung”, kata Hijranita, Kasubbag Tata Usaha RSUD Argamakmur,  usai pertemuan di Ruang Pola Bappeda Bengkulu Utara.

Ditambah lagi, kata Hijranita, Pemkab dan DPRD Bengkulu Utara sudah menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) terkait RSUD Argamakmur menjadi UPT Dinas Kesehatan Bengkulu Utara. Kebingungan yang dimaksudkan Hijra, bahwa pihaknya belum memahami mengenai tata kelola hubungan kerja apakah kelak setiap laporan rumah sakit harus melapor ke Kepala Dinkes Bengkulu Utara atau ke Direktur RSUD Argamakmur.

Perubahan tersebut, berdasarkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2015, sebagaimana perubahan dari Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014, tentang Pemerintah Daerah yang mana substansinya mengubah kedudukan RSUD menjadi dibawah naungan Dinas Kesehatan (Dinkes) .

Kepala Bappeda Bengkulu Utara Mustarani Abidin mengungkapkan, Pemkab Bengkulu Utara masih menunggu Peraturan Presiden (Perpres) mengenai struktur organisasi UPT RSUD. Namun di 2017, RSUD Argamakmur akan tetap menjadi UPT Dinkes, sesuai dengan instruksi dan aturan yang sudah ditetapkan.

“Sama halnya dengan puskesmas. Bedanya hanya pada pengelolaan pelayanan dan melakukan tindakan kesehatan. Rumah sakit masih menerapkan sistem otonom yang mengelola keuangan secara mandiri. Sedangkan untuk jabatan Direktur tidak lagi diisi pejabat struktural tapi pejabat fungsional”, kata Mustarani.

Pertemuan tersebut diketuai Kepala Bappeda Bengkulu Utara Mustarani Abidin. Hadir juga Asisten I Setdakab Bengkulu Utara Untung Pramono dan Asisten III Ramadanus. Dewan Pengawas RSUD Argamakmur yaitu Kepala Dinkes Bengkulu Utara H. Ikhsan dan Kepala DPKAD Bengkulu Utara Kisro Zanito. Tak ketinggalan pula pejabat dan pegawai serta staf keuangan RSUD Argamakmur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here