Bupati Bengkulu Utara Geram Terima Laporan Disfungsi Ambulans di Puskesmas

0
53
Bupati Bengkulu Utara, Mian mengecek ambulans merek Ford di Gedung Balai Ratu Samban Argamakmur. (Foto : Firdaus/RedAksiBengkulu)

Laporan : Firdaus

Bupati Bengkulu Utara, Mian mengecek ambulans merek Ford di Gedung Balai Ratu Samban Argamakmur. (Foto : Firdaus/RedAksiBengkulu)

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU UTARA – Bupati Bengkulu Utara (BU) Mian mengaku sering menerima pengaduan masyarakat melalui pesan singkat terkait ambulans di puskesmas tidak berfungsi optimal. Disebut-sebut alasan disfungsi ambulans itu sedikit klasik memang, yakni kehabisan bahan bakar minyak (BBM), belum ganti oli dan tidak adanya pengemudi tetap.

Tak pelak, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu Utara H. Ikhsan pun ditegur bupati dan memerintahkannya agar ambulans di puskesmas selalu ready. Termasuk memfungsikan kembali ambulans secara opimal.

“Itu ambulans kan dibeli untuk pegawai Dinkes dari uang negara. Rawatlah amanah itu untuk kepentingan masyarakat. Jujur, saya  sangat menyesalkan laporan soal disfungsi ambulans ini. Ke depan jangan terjadi lagi. Itu sudah jadi tugas Dinkes mengevaluasi dan menegur puskesmas”, tegas Mian dalam sambutannya saat serah terima dan pengecekan secara simbolis ambulans merek Ford di Gedung Balai Ratu Samban Argamakmur .

Terkait bantuan 2 unit ambulans yang dibeli melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp 1 miliar itu, Mian berharap difungsikan sebagaimana mestinya. Ambulans memiliki spesifikasi terbaik ini, yakni dilengkapi fasilitas tempat penumpang, tabung oksigen, dan lainnya itu diperuntukan medan berat di desa-desa pedalaman.

“Untuk memudahkan masyarakat yang lokasinya sulit dijangkau seperti di Desa Air Bintunan dan Desa Karang Pulau,” tambah Mian.

Untuk diketahui, 2016 Dinkes Bengkulu Utara telah menyerahkan 3 unit ambulans. Tiga diantaranya, sudah diserahkan di masing-masing puskesmas yakni Dusun Curup, Tanjung Agung Palik dan Desa Suka Makmur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here