7 Fraksi DPRD Kota Bengkulu Menolak Ranperda Pinjaman Daerah Kepada PT SMI Sebesar Rp 250 Miliar 

0
7
Paripurna DPRD Kota Bengkulu, menolak Ranperda yang diajukan Pemkot Bengkulu, Selasa (27/12/2016). (Foto : Tata Riri/RedAksiBengkulu)

Laporan : Tata Riri

Paripurna DPRD Kota Bengkulu, menolak Ranperda yang diajukan Pemkot Bengkulu, Selasa (27/12/2016). (Foto : Tata Riri/RedAksiBengkulu)

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU – Sebanyak 7 Fraksi dari 9 Fraksi yang mengikuti Paripurna DPRD Kota Bengkulu, menolak Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang diajukan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu, Selasa (27/12/2016) pagi.  Fraksi yang keberatan dengan rencana Pemkot Bengkulu untuk meminjam dana kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (PT. SMI) sebesar Rp 250 miliar tersebut adalah Fraksi Partai NasDem, Gerindra, PKS, Hanura, Demokrat, Golkar dan Kebangkitan Bintang Perjuangan. Sementara itu, Fraksi PAN yang notabene partai pengusung Walikota Bengkulu jelas menyetujui Ranperda tersebut.

Pantauan RedAksiBengkulu.co.id, pada penyampaian Pandangan Umum Fraksi Gerindra yang dibacakan oleh Wien Zafitrah Ruslan menolak adanya pembahasan Ranperda tentang pinjaman daerah Rp 250 Miliar kepada PT. SMI. Karena menurut fraksi itu, pinjaman tersebut tidak bersifat urgent. Pembangunan infratruktur di Kota Bengkulu dirasa belum dalam tahap darurat.

Hal yang sama juga diungkapkan Fraksi PKS yang dibacakan Rena Anggraini. Diterangkannya, bahwa pinjaman daerah kepada PT. SMI terkesan dipaksakan dan mendadak. Pinjaman tersebut akan membebani APBD di tahun-tahun berikutnya.

Penolakan dari mayoritas fraksi sangat beralasan karena pengajuan  pinjaman daerah sebesar Rp 250 miliar kepada PT. SMI dengan bunga sebesar 8,5 persen setiap tahunnya akan membebani APBD dan perlu pertimbangan terkait masa jabatan kepala daerah yang akan berakhir pada 2018 mendatang.

Sementara itu, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) belum menyatakan sikapnya karena pandangan fraksi belum ditandatangani ketua partainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here