Pemkab Bengkulu Utara Gelar Bimtek Penyusunan Keuangan Berbasis Akrual

0
71

Laporan : Firdaus

Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual dan Telaah Laporan Keuangan. (Foto : Dokumentasi DPKAD BU)

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU UTARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Utara melalui Dinas Pengelolaan dan Keuangan Daerah (DPKAD) Bengkulu Utara, melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual dan Telaah Laporan Keuangan. Pesertanya seluruh perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se Bengkulu Utara dengan menggandeng Kanwil Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan Bengkulu.

Bimtek ini dilakukan untuk melatih para pengelola program dalam menyusun laporan keuangan SKPD berbasis akrual. Kegiatan dilaksanakan di ruang pola DPKAD Bengkulu Utara, Kamis (22/12/2016) dan dibuka secara resmi oleh Bupati Bengkulu Utara Mi’an. Bupati Mi’an mengatakan, dari kegiatan ini diharapkan seluruh peserta Bimtek nantinya bisa memahami secara jelas agar dapat memudahkan dalam mengelola keuangan di setiap SKPD masing-masing.

“Sasarannya untuk kesiapan sumber daya manusia (SDM) Pengelola Keuangan Daerah dalam menyusun dan manyajikan laporan keuangan,” kata bupati.

Standar akuntasi pemerintah, lanjut bupati, adalah prinsip yang diterapkan dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan pemerintah. Sedangkan standar akuntansi berbasis akrual, adalah standar yang mengakui pendapatan, beban, aset, utang dan ekuitas dalam pelaporan finansial berbasis akrual.

”Disadari, bahwa perubahan sistem pelaporan keuangan dari basis kas ke basis akrual memerlukan penyesuaian,” lanjut bupati.

Arahan Bupati Bengkulu Utara Mian pada Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual dan Telaah Laporan Keuangan. (Foto : Dokumentasi DPKAD BU)

Bimtek ini, timpal Kisro Zanito, Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Bengkulu Utara, digelar berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah serta PP Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah dan PP Nomor 64 Tahun 2013, tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual pada Pemerintah Daerah.

“Sekretaris satker, kasubag tata usaha, kasubag keuangan, kasubag program, bendahara pengeluaran dan operator simda adalah pesertanya. DI bimtek itu, mereka akan mengikuti materi, dalam penyusunan keuangan secara baik dan benar,” timpal Kisro.

Dengan bimtek ini, lanjut Kisro, untuk meningkatkan pemahaman penerapan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) Berbasis Akrual. Sehingga Eksekutif maupun Legislatif dapat mengelola keuangan secara optimal. Serta sebagai upaya dalam meningkatkan SDM pengelola keuangan daerah agar memiliki kompetensi yang layak,” tutup Kisro.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here