Desa Ini Dijuluki ‘Taman Mininya’ Bengkulu Utara. Inilah Desa Itu…

0
61

Laporan : Firdaus

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU UTARA – Jika kita mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta,  di sana kita menjumpai beragam suku, adat, kebudayaan dan aspek kehidupan apapun. Yang artinya keberagaman dari Indonesia dititikkan dalam satu kawasan.

Sedang di Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu, tepatnya di Kecamatan Kota Argamakmur ada sebuah desa yang dijuluki ‘Taman Mini’ nya Bengkulu Utara.

Desa Rama Agung namanya. Keberagaman suku, agama dan budaya ngumpul di desa itu, sehingga Desa Rama Agung pun dijadikan percontohan kerukunan umat beragama di tingkat Provinsi Bengkulu. Bahkan rencananya, keberagaman dan keharmonisan desa ini akan dibawa ke Jakarta untuk dipamerkan di tingkat Nasional.

Desa Rama Agung, kata Camat Kota Argamakmur, Sri Dasa Utama, keberagaman umat beragamanya lengkap jika dibandingkan dengan daerah lain. Dan dalam waktu dekat ini, tim dari Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Kesbangpol Provinsi Bengkulu dan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Provinsi Bengkulu, akan meninjau langsung untuk memberi penilaian.

“Lima agama yakni Islam, Hindu, Budha, Kristen, Khatolik dan Protestan ada di desa ini. Makanya tim dari provinsi akan meninjau langsung Keberagaman tersebut,” kata Sri, kepada RedAksiBengkulu.co.id Kamis (22/12/2016).

Kunjungan tim nanti, sambungnya, akan diekspose kerukunan, keharmonisan dan tenggang rasa serta jiwa bergotong-royongnya. Hebatnya lagi, dari dahulu hingga saat ini Desa Rama Agung minim konflik. Diharapkan sampai kapan pun kondisi ini terus terjaga.

“Tim dari provinsi itu bahkan juga akan meninjau tempat pemakaman warga di Desa Rama Agung. Jadi, ini kesempatan kita bersama untuk mempromosikan Bengkulu Utara ke tingkat Nasional selain sisi pariwisata”, tutup Sri Dasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here