Tiga Proyek Dinas PU Bengkulu Utara Over Deadline, Kontraktor Terancam Diblacklist Jika…

0
65

Laporan : Firdaus

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU UTARA – Ada tiga paket proyek jalan di Dinas Pekerjaan Umum Bengkulu Utara (BU) yang sudah lewat batas waktu pengerjaannya. Itu artinya ketiga kontraktor dari paket proyek tersebut harus memperpanjang kontrak waktu pengerjaan sehingga pekerjaan itu selesai hingga akhir Desember kelak.

Ketiga paket proyek jalan itu adalah, peng-hotmix-an jalan D4 Gembung Raya yang dikerjakan oleh PT Lestari Sarana Mandiri Bengkulu, yang kontraknya berakhir 17 Desember 2016. Proyek jalan sepanjang 1,2 kilometer ini menelan anggaran Rp 4,1 miliar. Kemudian proyek yang dikerjakan CV Bambu Kuning yakni pengerjaan Jalan Tanjung Muara – Muara Santan Kecamatan Napal Putih, berakhir 12 Desember 2016 lalu. Proyek ini pagu anggarannya Rp 1,1 miliar. Berikutnya proyek hotmix jalan dengan nilai Rp 1,3 miliar pada Jalan Desa Tanjung Anom Kecamatan Giri Mulya. Pada proyek ini pekerjaan yang belum selesai adalah lapisan aspal hotmix sepanjang 800 meter.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bengkulu Utara Maswandi melalui Kepala Bidang Bina Marga Heru Susanto, membenarkan ketiga paket proyek pekerjaan jalan hotmix yang belum selesai dan terpaksa diperpanjang hingga akhir Desember nanti. Ditambahkannya, pihaknya pun mau tidak mau menyetujui perpanjangan kontrak karena alasan tidak tepat waktu dari kontraktor itu lantaran faktor cuaca khususnya intensitas hujan yang tinggi.

“Untuk waktu perpanjangan kontrak diberikan sampai 30 Desember 2016 mendatang”, kata Heru.

Selama perpanjang kontrak, lanjut Heru, kontraktor tidak dikenakan denda. Namun jika dari perpanjangan kontrak itu tidak juga selesai hingga 30 Desember, sesuai dengan regulasi yang berlaku, maka pihaknya akan memutuskan kontrak kerja, pencairan jaminan dan mem-blacklist kontraktor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here