2017 Seluruh Aset Daerah di Bengkulu Utara Akan Diverifikasi

0
75
Kepala DPKAD Bengkulu Utara, Kisro Zanito. (Foto : Dokumentasi)

Laporan : Firdaus

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU UTARA – Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Bengkulu Utara Kisro Zanito berencana di 2017 kelak akan memverifikasi seluruh aset-aset daerah yang saat ini terbengkalai. Karena Kisro menyadari, banyak aset-aset milik Pemda Bengkulu Utara namun tak selama ini kesannya tak terurus bahkan tak jelas.

Kisro menambahkan, pihaknya sudah mulai mengumpulkan data terutama aset BUMD Arma Niaga yang berada di Desa Talang Denau Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu. Pendataan ini, lanjutnya, juga berkaitan dengan akan diadakannya penilaian Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

Status keorganisasian pada BUMD Arma Niaga sudah dibubarkan. Hanya saja, kata Kisro, pihaknya belum bisa mengeksekusi apakah aset-aset yang ada bakal dilelang atau dimanfaatkan.

“Mengacu pada rekomendasi dari BPK, agar dibuat Perda tentang Pembubaran Arma Niaga. Terlepas dari itu, yang pastinya untuk permasalahan aset Arma Niaga kami sedang menunggu proses administrasi yang masih ditangani BPMPTSP,” kata Kisro. 

Aset daerah lainnya yang akan didata dan diverifikasi, sambungnya, yaitu seluruh kendaraan dinas yang saat ini tidak berfungsi. Kisro sudah meminta kepada seluruh SKPD untuk menyerahkan kendaraan-kendaraan yang nantinya dikumpulkan di suatu tempat. Ini untuk mempermudah pengecekan apakah kendaraan dinas tersebut masih laik beroperasi atau memang sudah rusak parah.

“Untuk kecamatan-kecamatan yang jauh jaraknya dari Kecamatan Argamakmur, agar mengirimkan foto kondisi kendaraannya,” timpalnya. 

Dengan begitu, lajut Kisro lagi, ke depan tidak ada SKPD yang mengeluh atas kekurangan kendaraan operasional. Di sisi lain, pemerintah juga akan mempermudah mengakomodir biaya perawatan serta pembayaran pajak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here