Ini Kata Warga Desa Tanjung Alam Pasca Diceknya Jembatan

0
55

Laporan : Zakaria H. Al-Ra’zie

Jembatan di lingkungan Desa Tanjung Alam yang berada di salah satu gang menuju sekolah.(Foto : Aji Asmuni/RedAksiBengkulu)

RedAksiBengkulu.co.id, KEPAHIANG – Meski 2 unit jembatan di Desa Tanjung Alam Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu sudah ditinjau langsung oleh tim dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Bengkulu, namun warga berharap tindaklanjut dari peninjauan itu segera direalisasikan. Sehingga persoalan lantai jembatan yang rapuh itu tidak lagi menjadi ‘momok’ bagi warga yang melintasinya.

“Mudah-mudahan cepat diperbaiki. Karena kalau malam hari saat kami ingin ke masjid, kami takut masuk lubang saat melintasi jembatan ini,” kata ibu-ibu yang ketika itu sedang melintas di jembatan kedua yang menghubungkan jalan utama desa dengan bagian lain dari desa setempat, Selasa (28/6/2016) siang.

Warga setempat juga membenarkan, jika jembatan itu mulai berlubang ketika kendaraan pengangkut material melintasi jembatan tersebut.

“Belakangan ini mulai banyak yang lepas paku-paku kayunya sehingga menjadi lubang di lantai jembatan. Itu karena truk pasir dan batu sering melintasi jembatan ini. Padahal lantai jembatan ini sudah rapuh sekali,” timpal warga lainnya.

Di sisi lain, Sekdes setempat, Yono Kodi menuturkan, bahwa jembatan kedua yang berada di dalam lingkungan desanya itu dibangun pada 1997 silam.

“Dulunya, jembatan itu jembatan gantung,” kenangnya kepada RedAksiBengkulu.co.id.

Sedangkan pada jembatan utama pintu masuk desanya itu, sambung Yono, dibangun sejak sebelum Indonesia Merdeka, yakni sekitar tahun 1930-an.

“Karena desa kami ini ada peninggalan jejak sejarah sebelum Indonesia Merdeka 1945, itu berarti sekitar 5 – 7 tahun sebelumnya, para tetua kami di sini sudah lebih dulu menghuni desa ini. Dan otomatis jembatan itu juga dibangun pada saat itu,” demikian tuturnya

 

Berita Terkait  :

Dua Jembatan Ini Terancam Ambruk, Desa Tanjung Alam Terancam Terisolir

Jembatan Desa Tanjung Alam Kepahiang Rusak Parah, Ini Instruksi Gubernur Bengkulu

Tinjau 2 Jembatan Rusak, Dinas PU Provinsi : Ini Kewenangan dan Tanggungjawab Dinas PU Kepahiang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here